Menyelamatkan generasi muda di Seruyan dari ancaman bahaya rokok

id Pemkab seruyan, seruyan, kuala pembuang, merokok, rokok, anak-anak, generasi muda, germas, sehat

Menyelamatkan generasi muda di Seruyan dari ancaman bahaya rokok

Para siswa saat mengikuti sosialisasi tentang kawasan sekolah tanpa rokok baru-baru ini di Kuala Pembuang. (ANTARA/Noor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah melalui Dinas Kesehatan menggelar kegiatan sekolah bebas asap rokok, guna menyelamatkan generasi penerus bangsa dari ancaman bahaya rokok.

Kapala Dinas Kesehatan Mahdiniyansyah di Kuala Pembuang, Jumat mengatakan, kegiatan itu merupakan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) yang ketiga kalinya dilakukan.

"Pertama perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS), kedua makan sayur dan buah-buahan dan ketiga yaitu kawasan tanpa rokok di lingkungan sekolah," ungkapnya.

Para siswa di sekolah merupakan generasi penerus, untuk itu harus dilakukan pencegahan sejak dini agar tidak adanya anak-anak yang ingin mencoba atau pun mulai merokok.

Menurutnya, kalau dari awal tidak ada upaya penekanan itu maka dikhawatirkan akan ada anak-anak yang mencoba merokok. Artinya anak-anak sebagai sasaran sangatlah tepat karena merekalah generasi penerus bangsa kedepannya.

Demi terwujudnya generasi penerus yang sehat dan bebas rokok, diperlukan peran orang tua untuk mengawasi anaknya. Sebab anak lebih banyak berada di rumah dibandingkan di sekolah.

"Mudah-mudahan juga orang tuanya tidak merokok, sehingga lebih mudah memberikan contoh kepada anak-anaknya," tegasnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk berhenti merokok, walaupun itu berat tapi dampaknya terhadap kesehatan cukup besar. Seperti menekan potensi berbagai jenis penyakit berbahaya yang mengancam keselamatan dan memerlukan biaya besar untuk pengobatan.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar