Dinsos Kalteng sekalipun tak pernah telantarkan lansia

id kalimantan tengah,kalteng,Budi Santoso,lansia,dinsos kalteng,sekretaris dinsos kalteng

Dinsos Kalteng sekalipun tak pernah telantarkan lansia

Sekretaris Dinas Sosial Provinsi Kalteng Budi Santoso saat dibincangi awak media beberapa waktu lalu. (ANTARA/Adi Wibowo).

Dinsos bahkan ada program untuk menangani persoalan yang dihadapi para lansia di Kalteng. Jadi, tidak benar jika Dinsos menelantarkan lansia
Palangka Raya (ANTARA) - Sekretaris Dinas Sosial Kalimantan Tengah Budi Santoso menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menelantarkan masyarakat, terutama lanjut usia yang selama ini memerlukan bantuan dari sejumlah instansi di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota setempat.

"Dinsos bahkan ada program untuk menangani persoalan yang dihadapi para lansia di Kalteng. Jadi, tidak benar jika Dinsos menelantarkan lansia," kata Budi di Palangka Raya, Rabu.

Ia membantah, bahwa beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial bahwa ada sepasang suami istri lanjut usia di Kabupaten Seruyan yakni kakek Arifin dan istrinya Marfuah yang dikabarkan terlantar dan tidak ada mendapat perhatian dari instansi terkait.

Namun setelah dilakukan pengecekan oleh tim dari Dinas Sosial Kalteng dengan mengunjungi kediaman sepasang lansia yang di kabarkan terlantar itu, ternyata keduanya sudah ditangani Dinas Sosial Kabupaten Seruyan.

"Kondisi kedua kakek dan nenek yang di kabarkan terlantar itu ternyata sudah ditangani dengan baik oleh Dinsos di kabupaten setempat, jadi penelantaran terhadap mereka itu tidak benar," ucap Budi.

Budi yang juga menjabat sebagai Manejer Kalteng Putra U-18-U20 tersebut menambahkan, tim yang diutus oleh Dinsos Kalteng melakukan pengecekan tersebut, tidak lain adalah atas atensi Gubernur Kalteng Sugianto Sabran yang sempat menerima kabar tentang kakek dan nenek tersebut.

Baca juga: BNNP Kalteng duga ada 'pesta' narkoba di Lapas Sampit

Kemudian meminta kepada masyarakat, apabila ada mengenai permasalahan sosial atau hal serupa jangan sampai diposting ke media sosial terlebih dahulu.

"Alangkah baiknya segera dilaporkan ke dinas terkait sehingga segera ditangani. Karena seperti yang ada ini dua lansia ini sudah ditangani secara serius oleh instansi terkait dan tidak ditelantarkan sehingga ada mis komunikasi," demikian Budi.

Baca juga: Presentasi 'table manner' siswa SMKN 3 Palangka Raya tuai pujian pejabat Pemprov Kalteng

Baca juga: Pemerintahan Sugianto libatkan masyarakat Kalteng kelola hutan