Jokowi memanggil Anies dan kepala daerah lainnya bahas penanganan banjir

id Jokowi ,anies baswedan,Jokowi memanggil Anies dan kepala daerah lainnya bahas penanganan banjir

Jokowi memanggil Anies dan kepala daerah lainnya bahas penanganan banjir

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah) bersama Gubernur Banten Wahidin Halim (kiri) dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kanan) mengikuti rapat pencegahan dan penanganan dampak banjir yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (8/1/2020). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/pras.

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memanggil sejumlah kepala daerah untuk membahas penanganan bencana banjir secara komprehensif yang terjadi di awal 2020.

"Saya harap semuanya bisa bekerja sama dengan baik menyelesaikan masalah banjir," kata Jokowi dalam sambutannya di Istana Merdeka, Jakarta pada Rabu.

Menurut Presiden, wilayah Ibu Kota DKI Jakarta dikelilingi oleh Provinsi Jawa Barat dan Banten sehingga dibutuhkan kerja sama para pimpinan di kawasan penopang.

Penanggulangan banjir, tegas Jokowi, membutuhkan kerja sama yang komprehensif dan cepat.

Baca juga: Ditengah kerja bakti, Anies diajak ngevlog oleh warga

Presiden meminta semua pemerintah daerah mengevaluasi sistem pengendalian banjir dari hulu hingga hilir.

"Sehingga betul-betul memiliki strategi besar jangka pendek, menengah, dan panjang. Yang saya tahu seperti 'masterplan' ini sudah ada, tapi implementasi perlu lebih detail lagi kerja sama antara pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten/kota," tegas Presiden.

Sejumlah pejabat yang mendampingi Presiden yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Kepala BNPB Doni Monardo.

Sejumlah kepala daerah yang turut dalam pertemuan itu yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Banten Wahidin Halim, serta Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Bupati Bogor Ade Yasin, dan Walikota Bekasi Rahmat Effendi.


Baca juga: Anies kerja bakti bersama warga ditengah guyuran hujan

Baca juga: Gubernur Anies Baswedan diteriaki warga saat inspeksi banjir

Baca juga: Anies dapat protes dari warga akibat banjir semakin meningkat