Langkah sederhana untuk hindari risiko virus corona

id cuci tangan, virus corona,Langkah sederhana untuk hindari risiko virus corona

Langkah sederhana untuk hindari risiko virus corona

Ilustrasi - Cuci tangan. ANTARA/Shutterstock/pri.

Jakarta (ANTARA) - Cuci tangan adalah langkah sederhana namun bisa mengurangi risiko penularan virus corona, seperti direkomendasikan Organisasi Kesehatan Indonesia (WHO).

Menjaga kebersihan tangan secara rutin sangat penting, apalagi setelah memegang instalasi publik, batuk atau bersih, merawat orang sakit. Jangan lupa bersihkan tangan sebelum, saat dan setelah menyiapkan makanan serta setelah memakai toilet.

Tentu saja tangan juga harus dibersihkan saat terlihat kotor juga setelah memegang binatang dan membersihkan kotoran hewan.

Baca juga: Setop bersalaman, demi cegah corona ini cara lain menyapa orang

Cucilah tangan dengan air dan sabun, lalu bilas dan keringkan. Selain sabun, cuci tangan juga bisa dilakukan dengan pembersih berbahan dasar alkohol.

Setidaknya butuh waktu 20 detik untuk mencuci tangan. Basahi tangan, gosok dengan sabun hingga merata. Gosok pula area di antara jari, punggung tangan dan ujung jari lalu bilas dengan air, serta keringkan.

Hindari menyentuh bagian mata, hidung atau mulut tanpa pelindung karena dapat meningkatkan risiko penularan. Bukan cuma manusia sakit yang harus dihindari, Anda juga sebaiknya menjauhi hewan ternak atau hewan liar yang sedang sakit.

Baca juga: Deretan makanan yang mampu bantu lawan virus corona

Baca juga: Tips cegah paparan virus saat di kendaraan umum

Baca juga: Fans NBA dilarang 'high-five' dengan pemain


 

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar