Deretan makanan yang mampu bantu lawan virus corona

id virus corona,makanan penangkal virus,Deretan makanan yang mampu bantu lawan virus corona,yogurt,kerang

Deretan makanan yang mampu bantu lawan virus corona

Ilustrasi makanan sehat (Shutterstock)

Jakarta (ANTARA) - Menjaga daya tahan tubuh tetap kuat bisa menjadi cara mencegah tubuh terinfeksi virus, termasuk corona baru atau COVID-19 yang belakangan diketahui sudah ditemukan di Indonesia.

Dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM, Iris rengganis mengatakan, saat daya tubuh melemah maka bakteri dan virus termasuk COVID-19 rentan masuk ke tubuh.

Menurut dia, menerapkan pola hidup sehat antara lain beristirahat yang cukup, minum cukup air putih bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

Selain melalui aktivitas fisik, sistem imun tubuh juga bisa dikuatkan dengan konsumsi sejumlah makanan bernutrisi mulai dari buah-buahan, sayuran hingga rempah-rempah.

Baca juga: #StopPanikLawanCorona jadi tren nomor satu di Twitter

Apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya:

1. Buah-buah citrus
Buah-buahan seperti jeruk, anggur, lemon mengandung vitamin C yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C, seperti dilansir Healthline bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menjadi kunci melawan infeksi.

2. Paprika merah
Tak hanya buah-buah citrus, sayuran seperti paprika merah juga mengandung vitamin C, ditambah beta karoten. Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dan beta karoten juga bagus untuk kulit.

3. Brokoli
Brokoli dipenuhi vitamin seperti A, C dan E, lalu mineral, antioksidan dan serat. Untuk menjaga nutrisinya tetap terjaga, sebaiknya masaklah brokoli dengan baik.

4. Bawang putih
Bawang putih selain bisa membantu melawan infeksi, juga bisa menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan. Salah satu bumbu yang banyak digunakan di masakan Indonesia itu juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena konsentrasi tinggi allicin.

Baca juga: Fans NBA dilarang 'high-five' dengan pemain

5. Jahe
Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya, lalu mengurangi mual.
Salah satu rempah yang populer di Indonesia itu juga bisa membantu mengurangi rasa sakit kronis dan berpotensi memiliki sifat penurun kolesterol.

6. Bayam
Bayam kaya vitamin C, antioksidan dan beta karoten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh.
Mirip dengan brokoli, bayam adalah yang paling sehat jika dimasak sehingga bisa mempertahankan nutrisi.

7. Yogurt
Yogurt merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Cobalah yogurt tawar daripada yang mengandung gula. Anda bisa memaniskan yogurt tawar dengan buah-buahan sehat dan madu.
Yogurt juga sumber vitamin D yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

8. Almond
Untuk mencegah dan melawan pilek, vitamin E juga kunci menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin ini larut dalam lemak sehingga membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar.

Baca juga: Tips supaya anak tak stres setelah dapat informasi virus corona

Kacang-kacangan, seperti almond dikemas dengan vitamin dan juga memiliki lemak sehat. Setengah cangkir atau sekitar 46 almond utuh menyediakan hampir 100 persen dari jumlah vitamin E. harian yang disarankan.

9. Kunyit
Rempah berwarna kuning ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti inflamasi atau anti peradangan dalam mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid.

Konsentrasi tinggi curcumin, yang memberikan kunyit warna khasnya, dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

10. Teh hijau
Teh hijau dan hitam mengandung flavonoid atau sejenis antioksidan. Teh hijau mengandung antioksidan yaki EGCG yang lebih kuat untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Teh hijau juga sumber asam amino L-theanine yang dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T.

Baca juga: Setop bersalaman, demi cegah corona ini cara lain menyapa orang

11. Pepaya
Pepaya mengandung vitamin C. Anda bisa mendapatkan 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan dalam satu pepaya.

Buah ini juga memiliki enzim untuk pencernaan yang disebut papain dengan efek anti-inflamasi, kalium, vitamin B, dan folat.

12. Kiwi
Seperti pepaya, kiwi juga dipenuhi nutrisi penting, termasuk folat, potasium, vitamin K dan vitamin C yang bisa meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi.

13. Daging unggas
Daging unggas, seperti ayam dan kalkun mengandung vitamin B-6. Sekitar 3 ons kalkun atau daging ayam mengandung 40-50 persen B-6 dari jumlah harian yang direkomendasikan.

Baca juga: Cara paling ampuh agar tidak tertular virus corona

Vitamin B-6 berperan dalam pembentukan sel darah merah yang baru dan sehat. Kaldu yang dibuat dari rebusan tulang ayam mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan tubuh.

14. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari memiliki nutrisi, termasuk fosfor, magnesium, vitamin B-6, vitamin E dan antioksidan kuat.

Vitamin E penting dalam mengatur dan memelihara fungsi sistem kekebalan tubuh. Makanan lain yang mengandung vitamin E dalam jumlah tinggi antara lain: alpukat dan sayuran berdaun gelap.

15. Kerang
Beberapa jenis kerang mengandung zinc antara lain kepiting dan lobster. Zinc diperlukan agar sel-sel kekebalan tubuh berfungsi.

Baca juga: Cemas saat tahu informasi terkait corona? Begini cara mengatasinya

Baca juga: Setop cium pipi, ini penjelasan dari Menteri Kesehatan

Baca juga: Pertandingan PSG lawan Dijon tak ada jabat tangan karena corona