Pelayanan Samsat Buntok tetap berjalan

id Pelayanan Samsat Buntok tetap berjalan,Barito Selatan,Barsel,Pajak

Pelayanan Samsat Buntok tetap berjalan

Kepala Seksi Penagihan, Pembukuan dan Pelaporan kantor Samsat Buntok, Ferrari H. Djala. ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok (ANTARA) - Kantor Samsat Buntok Kabupaten Barito Selatan Kalimantan Tengah tetap melakukan pelayanan seperti biasanya kepada masyarakat yang ingin membayar pajak dan pengurusan surat kendaraan bermotor.

"Kita sampai saat ini masih tetap melakukan pelayanan kepada masyarakat seperti biasanya sampai instruksi selanjutnya dari pimpinan," kata Kepala Kantor Samsat Buntok, Trisnawati melalui Kepala Seksi Penagihan, Pembukuan dan Pelaporan Kantor Samsat Buntok, Ferrari H. Djala di Buntok, Jumat.

Menurut dia, meskipun instruksi gubernur sebagian Aparatur Sipil Negara (ASN) diliburkan terkait COVID-19, namun pihaknya menunggu instruksi dari Badan Pendapatan Daerah Kalimantan Tengah.

Ia mengatakan, untuk pelayanan hingga saat ini tetap dilaksanakan seperti biasanya, akan tetapi untuk perjalanan keluar daerah yang akan dikurangi.

Selain melakukan pelayanan di kantor Samsat, pihaknya juga memberikan pelayanan dengan sistem online simulnas secara nasional sehingga masyarakat tetap bisa mendapatkan pelayanan. Sistem tersebut sudah diluncurkan di Pangkalan Bun beberapa waktu lalu.

"Sistem online itu melayani perpanjangan pajak selama satu tahun, sedangkan kalau perpanjangan STNK selama lima tahun harus kembali ke kantor Samsat asal," ucap Ferrari H. Djala.

Ia juga menyampaikan, untuk target penerimaan Kantor Samsat Buntok pada 2020 ini yakni sebesar Rp 17.622.356.000, mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2019 yang lalu.

Ia berharap hingga akhir tahun 2020 mendatang, target penerimaan dari sektor pajak kendaraan bermotor, bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan Pajak Air Permukaan (PAP) itu, bisa terealisasi 100 persen, bahkan bisa melampaui dari target yang telah ditentukan tersebut.

Selain itu, Ferrari H Djala juga mengapresiasi karena kesadaran masyarakat Barito Selatan dalam membayar pajak kendaraan bermotor, BBNKB dan PAP cukup tinggi. Masyarakat menaati dalam mengurus dan membayar sebelum batas akhir pembayaran pajak.