Pemprov Kalteng luncurkan E-PAHARI permudah masyarakat bayar pajak

id Pemprov Kalteng, bapenda Kalteng, E-PAHARI, pembayaran pajak kendaraan bermotor, Kalteng, Kalimantan Tengah, pajak, samsat, pad, pendapatan asli daera

Pemprov Kalteng luncurkan E-PAHARI permudah masyarakat bayar pajak

Wagub Kalteng Edy Pratowo meluncurkan layanan E-PAHARI di Palangka Raya, Rabu (13/12/2023).  (ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah resmi meluncurkan layanan E-PAHARI yakni merupakan inovasi layanan yang dikembangkan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) untuk mempermudah masyarakat dalam membayar pajak.
 
"Layanan E- PAHARI ini digagas untuk mempermudah masyarakat dalam membayarkan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di wilayah Kalimantan Tengah," kata Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo usai peluncuran di Palangka Raya, Rabu. 
 
Inovasi layanan E-PAHARI ini sekaligus sebagai upaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mendukung implementasi Program Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) khususnya dalam penggunaan aplikasi daerah berbasis teknologi.
 
Sebelumnya Kepala Bapenda Kalimantan Tengah Anang Dirjo menyampaikan, selain dalam rangka menggali potensi dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, inovasi ini juga sebagai tindak lanjut tuntutan dari masyarakat yang menginginkan kemudahan dalam pelayanan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor.
 
"Sebetulnya beban juga bagi masyarakat dalam pembayaran pajak, dimana wajib pajak datang jauh- jauh ke kantor Samsat dan mengantre. Oleh sebab itu, kami melakukan terobosan layanan dengan berbagai inovasi untuk memberikan kemudahan dalam pelayanan," katanya.

Baca juga: Disperpusip Kalteng berikan apresiasi kepada pemustaka terbaik
 
Menurutnya dengan layanan E-PAHARI maupun inovasi lainnya seperti Samsat Online Isen Mulang (Samolim), sedikit banyak sudah menjawab keinginan masyarakat yang menghendaki kemudahan layanan dalam pembayaran pajak kendaraan.
 
Walaupun ke depan, dikatakannya, diperlukan pengembangan dan penyempurnaan ide gagasan, Bapenda terus berkomitmen untuk mengembangkan inovasi yang akan membantu serta mempermudah wajib pajak membayarkan pajak kendaraan. 
 
"Dengan adanya layanan E-PAHARI ini semoga sinergisitas pelayanan kita semakin membaik ke depannya," harap Kepala Bapenda Anang Dirjo. 

Baca juga: DWP Kalteng diharap terus meningkatkan perannya dalam pembangunan

Baca juga: Jelang Nataru, Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalteng sasar Bukit Batu

Baca juga: Penyaluran bantuan pangan di Kalteng capai 95,61 persen, tuntaskan distribusi daerah sulit akses