Disperpusip Kalteng berikan apresiasi kepada pemustaka terbaik

id Pemprov Kalteng, Disperpusip Kalteng, pemustaka terbaik, Kalteng, perpustakaan daerah, kalimantan tengah

Disperpusip Kalteng berikan apresiasi kepada pemustaka terbaik

Foto Arsip- Salah seorang pengunjung perpustakaan di Palangka Raya sedang memilih buku, belum lama ini. (ANTARA/Muhammad Arif Hidayat)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dinas Perpustakaan dan Arsip (Disperpusip) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) memberikan apresiasi kepada pemustaka terbaik kategori pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA sederajat, mahasiswa, pegawai negeri, serta umum pada 2023.
 
"Apresiasi ini bertujuan meningkatkan motivasi kepada masyarakat atau pemustaka untuk memanfaatkan serta memberdayakan layanan Dispursip Kalteng," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Disperpusip Kalteng Arthur Mukkun di Palangka Raya, Rabu.
 
Dia menjelaskan dalam setiap tahun Disperpusip melalui Bidang Layanan Teknologi Informasi dan Kerja Sama Perpustakaan menyelenggarakan kegiatan pemilihan pemustaka terbaik.

Hal ini, kata dia, sesuai dengan yang telah diprogramkan dalam Rencana Kerja dan Anggaran Tahunan 2023 yakni pemberian penghargaan kepada pemustaka terbaik.

Baca juga: Jelang Nataru, Gerakan Pangan Murah Pemprov Kalteng sasar Bukit Batu
 
Penghargaan ini merupakan salah satu bentuk apresiasi Disperpusip Kalteng kepada pemustaka yang rajin berkunjung dan meminjam koleksi di perpustakaan.
 
"Melalui pemberian penghargaan ini semoga bisa memotivasi seluruh masyarakat di Kalimantan Tengah untuk berkunjung dan memanfaatkan koleksi perpustakaan, sehingga dapat meningkatkan minat dan kegemaran membaca serta mewujudkan masyarakat cerdas berliterasi," tuturnya.
 
Dia pun mengajak masyarakat atau pemustaka untuk bersama-sama mencintai perpustakaan sebagai tempat mencari sumber referensi, memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan, serta memanfaatkan koleksi yang telah disediakan.
 
"Hal ini agar ke depannya perpustakaan lebih baik lagi dalam menyediakan kebutuhan pemustaka," ujarnya.
 
Adapun pada tahun ini sebanyak enam orang terpilih menjadi pemustaka terbaik melalui berbagai kriteria, seperti tingkat keaktifan pemustaka dalam memanfaatkan perpustakaan dan kesinambungan dalam berkunjung ke perpustakaan.
 
Selain itu aktif meminjam dan merawat bahan pustaka, ketepatan waktu dalam mengembalikan koleksi perpustakaan, serta indikator lain yang menjadi pertimbangan pemustaka tersebut menjadi pemustaka terbaik.
 
Para penerima penghargaan sebagai Pemustaka Terbaik 2023 yaitu Sumayyah, Lionel Febrian, Artha Brighita Seruyaninda, Meyrara Widya Putri, Agustiansyah, dan Eva Susilawati.

Baca juga: DWP Kalteng diharap terus meningkatkan perannya dalam pembangunan

Baca juga: Penyaluran bantuan pangan di Kalteng capai 95,61 persen, tuntaskan distribusi daerah sulit akses

Baca juga: Pemprov Kalteng terus akselerasikan peningkatan badan publik berpredikat informatif