Ketua DPRD Gumas dorong pelaku usaha siapkan tempat cuci tangan

id Ketua DPRD Gumas dorong pelaku usaha siapkan tempat cuci tangan,DPRD Gunung Mas,Virus Corona, COVID-19

Ketua DPRD Gumas dorong pelaku usaha siapkan tempat cuci tangan

Toko milik Normi, pelaku usaha di Kuala Kurun turut menyediakan tempat cuci tangan dan sabun bagi konsumen. ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Ketua DPRD Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah Akerman Sahidar mendorong pelaku usaha di kabupaten itu menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun bagi konsumen untuk mencegah penularan virus Corona jenis COVID-19 yang saat ini merebak.

Sebab, cuci tangan pakai sabun dan air mengalir sangat bermanfaat untuk mencegah penularan berbagai virus dan bakteri, kata Akerman saat dihubungi di Kuala Kurun, Sabtu.

“Sebagian pelaku usaha di Kabupaten Gumas sudah menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun, ini sangat saya apresiasi. Sedangkan yang belum saya harap dapat segera menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun,” ucapnya.

Politisi PDI Perjuangan ini menyebut, dengan menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, pelaku usaha dapat menjalankan usahanya dengan tenang dan konsumen yang datang juga tenang berbelanja.

“Tempat cuci tangan tidak perlu dibuat dengan biaya yang mahal, yang penting dapat digunakan,” tutur legislator dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini.

Lebih lanjut, Akerman juga mengajak masyarakat di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau untuk menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19.

Lalu, menjaga kesehatan dengan berolahraga secara rutin, mengonsumsi makanan bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup, minum air mineral minimal delapan gelas per hari, memakan makanan yang dimasak secara sempurna.

Masyarakat juga diimbau bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tempat kerja, fasilitas umum, serta tempat ibadah. Kebersihan lingkungan harus dilakukan secara rutin demi kebaikan seluruh pihak.

Terpisah, Normi, salah satu pelaku usaha di Kota Kuala Kurun turut menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun bagi konsumen yang datang, dan diletakkan di pintu masuk toko.

Menyiapkan tempat cuci tangan dan sabun bagi konsumen yang dilakukan olehnya merupakan bentuk partisipasi dalam mengamankan lingkungan dari ancaman berbagai penyakit, yang dimulai dari lingkungan sendiri.

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar