Hasil 'rapid test' pejabat Barito Utara negatif

id rapid tes pejabat barito utara,sekda jainal abidin,gugus tugas barut

Hasil 'rapid test' pejabat  Barito Utara negatif

Sekda Barito Utara H Jainal Abidin mengikuti pemeriksaan rapid test di Muara Teweh , Sabtu (16/5/2020).ANTARA/HO-Dinas Kominfosandi Barito Utara

Muara Teweh (ANTARA) - Hasil tes cepat atau rapid test guna pencegahan penyebaran COVID-19 bagi pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah menunjukan negatif atau non reaktif.

"Alhamdulillah, semua pejabat yang diperiksa negatif. Dengan kita melakukan upaya pencegahan COVID-19 dan tetap mengikuti protokol kesehatan serta mentaati  peraturan pemerintah, semoga Barito Utara tidak ada lagi kasus positif COVID-19," kata Sekretaris Daerah Barito Utara H Jainal Abidin yang juga ikut menjalani rapid test di Muara Teweh, Sabtu.

Pemeriksaan skrining penularan pandemi COVID-19 ini diikuti para pejabat  lainnya selain Sekda Jainal Abidin juga  Staf ahli bupati, Asisten Setda, dan kepala perangkat daerah di lingkungan Pemkab Barito Utara di Laboratorium Kesehatan Dinas Kesehatan setempat.

Jainal berharap melalui rapid test ini bisa dilakukan pendeteksian lebih cepat, dan akurat sehingga lebih mudah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, memberikan contoh dan endukasi kepada masyarakat agar mau diperiksa secara sukarela. 
"Pemeriksaan dilaksanakan kepada setiap orang tanpa terkecuali, baik itu pejabat atau masyarakat setempat ataupun pendatang," kata Jainal.
 
Sekda Barito Utara Jainal Abidin foto bersama kepala dinas setempat usai menjalami pemeriksaan rapid test di Muara Teweh, Sabtu (16/5/2020).ANTARA/HO

Ditempat terpisah, Bupati Barito Utara Nadalsyah mengatakan bahwa rapid test untuk para pejabat ini dilakukan mengingat posisi dan kedudukan mereka sejak mewabahnya  COVID-19 di Barito Utara, para pejabat tersebut melaksanakan tugas pada garda terdepan. 
"Bahkan tidak jarang mereka berhubungan langsung dengan orang maupun obyek-obyek yang rentan menjadi carier atau penular penyebaran COVID-19," kata dia. 

Bupati memerintahkan kepada Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara untuk segera melakukan rafid test agar dapat mengetahui keadaan dan kondisi dari seluruh pejabat maupun kepala SKPD di Kabupaten Barito Utara yang kesemuanya melaksanakan tugas dalam pencegahan dan penanggulangan sebaran Covid-19. 

"Saya berharap seluruh warga masyarakat yang ada di Barito Utara bahkan semakin menyadari serta meningkatkan kewaspadaan dalam upaya pencegahan penyebaran COVID-19 sesuai ketentuan dan peraturan," ujar Nadalsyah.

Baca juga: Sejumlah kepala SKPD Barito Utara di rapid test

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Barito Utara Siswandoyo mengatakan pada pemeriksaan rapid test hari ini diikuti 18 orang pejabat  dan semua non reaktif.

"Rapid test akan kita dilaksanakan kembali pada Senin (18/5) nanti diikuti Bupati H Nadalsyah dan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra serta sejumlah kepala dinas lainnya yang hari ini tidak bisa ikut tes cepat ini," kata Siswandoyo yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Barito Utara ini.