Ini fakta di balik duduk bersila

id duduk bersila ,lutut,Ini fakta di balik duduk bersila ,cara duduk

Ini fakta di balik duduk bersila

Ilustrasi seseorang duduk bersila (Pixabay)

Jakarta (ANTARA) - Bekerja dari rumah membuat Anda lebih sering duduk? Masalahnya, posisi duduk tertentu bisa menyebabkan masalah postur tubuh dan bahkan mengakibatkan rasa sakit.

Anda mungkin tahu, membungkuk, tubuh terlalu condong ke belakang adalah pilihan yang buruk, tetapi bagaimana dengan duduk bersila?

Anak-anak kerap mempraktikkan cara duduk bersila bahkan ada gerakan yoga yang seperti ini. Namun, tidak berarti posisi memutar lutut ini aman untuk orang dewasa pada umumnya.

Baca juga: Cara ampuh atasi sakit punggung saat duduk

Sarah Duvall, DPT, ahli terapi fisik dan pendiri Core Exercise Solutions mengatakan, jika Anda tidak mengalami sakit lutut dalam posisi bersila, Anda tidak perlu khawatir. Bahkan, posisi duduk ini mungkin memiliki manfaat besar untuk mobilitas Anda dan bahkan dapat membuat sendi Anda lebih lentur, selama Anda tidak terlalu lama di posisi ini sepanjang hari.

"Semakin banyak Anda bergerak setiap hari, tubuh Anda akan lebih sehat, tetapi jika Anda mengulangi gerakan yang sama - atau tetap pada posisi yang sama - Anda membebani sendi, otot, dan ligamen tertentu," tutur Duvall.

Duduk di posisi bersila sebenarnya bisa menambah variasi pada pola gerakan harian Anda dan, sebagai hasilnya, membantu meningkatkan rentang gerakan di lutut dan sendi pinggul Anda.

Namun, tubuh setiap orang berbeda. Jika Anda merasakan ketidaknyamanan lutut dalam pose bersila, berhentilah duduk dengan cara itu, karena dapat memperburuk masalah lutut yang sudah ada sebelumnya.

Baca juga: Ingin melancong ke Roma, hindari duduk di tangga ini bila tak ingin kena denda

"Mempertahankan sendi dalam posisi bengkok untuk waktu yang lama dapat membuat cairan menumpuk, yang dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit," kata Duvall.

"Tergantung pada apa yang salah pada lutut, tekukan dan puntiran akibat posisi ini juga dapat memperburuk robekan meniskus," sambung dia.

Maya Clinic mencatat, meniskus adalah sepotong tulang rawan karet berbentuk C yang melindungi ruang antara tulang kering dan tulang paha Anda. Ketika meniskus robek, posisi bersila - yang memaksa lutut Anda berputar - tak akan bisa bersahabat dengan Anda.

Tetapi, jika Anda memiliki lutut yang sehat, Anda mungkin merasakan sedikit kekakuan sementara di kaki Anda setelah duduk bersila untuk sementara waktu.

Ketika itu terjadi, Duvall menyarankan melakukan urutan gerakan berikut sebelum berdiri untuk membantu menenangkan kekakuan lutut Anda dan melemaskan anggota tubuh Anda.

Baca juga: Posisi duduk yang harus dihindari penderita nyeri pinggang

Caranya:

1. Perlahan tekuk dan luruskan lutut Anda untuk membantu persendian bergerak.

2. Gerakkan pergelangan kaki, untuk membantu membuat darah mengalir dan kaki dan lutut bagian bawah menjadi hangat.

3. Setelah itu, putar seluruh kaki Anda untuk mendapatkan gerakan dan rotasi di atas dan di bawah lutut.

4. Terakhir, luruskan sepenuhnya kaki Anda dan tekan paha Anda dengan lembut sambil mengangkat tempurung lutut Anda. Pegang paha selama lima detik, lalu lepaskan dan ulangi sebanyak tiga kali, demikian seperti dilansir Livestrong.

Baca juga: Posisi duduk ini bisa tingkatkan tekanan darah

Baca juga: Tips jaga kebugaran tubuh setelah duduk terlalu lama

Baca juga: Ternyata meja kerja model berdiri baik untuk kesehatan