Posisi duduk ini bisa tingkatkan tekanan darah

id duduk silang,tekanan darah,naik tekanan,posisi duduk

Posisi duduk ini bisa tingkatkan tekanan darah

Ilustrasi (ist)

Palangka Raya (Antaranews Kalteng) - Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Blood Pressure Monitoring, duduk dengan kaki yang disilangkan dapat meningkatkan tekanan darah, tapi hanya sementara.

Menyilangkan kaki meningkatkan tekanan darah sistolik hampir tujuh persen dan diastolik sebesar dua persen. Tekanan sistolik atau angka atas tekanan darah adalah tekanan saat jantung sedang memompa darah. Sementara, tekanan diastolik atau angka bawah tekanan darah adalah angka jantung sedang istirahat untuk melakukan pengisian darah ke jantung.

Penelitian tersebut juga mengatakan bahwa pasien hipertensi harus menghindari menyilangkan kaki saat pemeriksaan tekanan darah.

Baca juga: Posisi duduk yang harus dihindari penderita nyeri pinggang
Baca juga: Ternyata meja kerja model berdiri baik untuk kesehatan


Sebab, kebiasaan duduk ini telah ditemukan dapat menaikkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Sementara pada pasien nonhipertensi hanya menyebabkan tekanan sistolik naik. Jadi jagalah agar kedua telapak kaki Anda tetap di lantai saat melakukan pemeriksaan tekanan darah.

Hal ini disebabkan karena kaki yang menyilang, mendorong lebih banyak darah ke jantung. Meskipun, kaki yang menyilang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah sementara, tapi ini tidak berarti akan membahayakan kesehatan jantung atau menyebabkan dorongan tekanan darah yang sangat berisiko.

Namun, jika Anda berisiko memiliki penggumpalan darah, sebaiknya diskusikan dengan dokter tentang bagaimana cara duduk yang sehat dan bagaimana postur tubuh Anda dapat memengaruhi kesehatan.

Baca juga: Pusing saat berdiri? Ini penjelasannya
Baca juga: Posisi duduk berikut dapat perbaiki mood Anda


sumber:hellosehat