Bupati Pulpis yakin program Food Estate berikan nilai tambah bagi pendapatan para petani

id Bupati Pulpis,Edy Pratowo,program Food Estate

Bupati Pulpis yakin program Food Estate berikan nilai tambah bagi pendapatan para petani

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (kiri), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (dua kanan), Bupati Pulang Pisau Edy Pratowo (kanan) dalam kunjungan kerja meninjau lokasi kawasan program 'food estate' di Desa Blanti Siam, Kamis (9/7/2020). (ANTARA/HO-Protokol Pemkab Pulang Pisau)

Pulang Pisau (ANTARA) - Bupati Pulang Pisau Provinsi Kalimantan Tengah Edy Pratowo mengatakan, program Food Estate diyakini mampu memberikan nilai tambah bagi pendapatan para petani yang ada di daerah itu.

"Food Agricultute Organization (FAO) sudah mengingatkan akibat pandemi COVID-19 ini akan terjadi kelangkaan pangan. Sebagai tindaklanjut dari pemerintah pusat, maka dikembangkan program Food Estate untuk menjaga ketahanan pangan nansional," kata Edy Pratowo usai mendapangi Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja meninjau lokasi kawasan program Food Estate di Desa Blanti Siam, Kamis.

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri PUPR  Mochamad Basoeki Hadimoeljono, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko.

Baca juga: Mentan optimistis pembangunan food estate di Kalteng

Edy Pratowo mengungkapkan, seperti yang disampaikan Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut adalah bahwa program Food Estate ini sebagai tindaklanjut dari pemerintah pusat untuk menjaga ketahanan pangan nasional.

Program Food Estate, terang Edy Pratowo, bukan saja sebagai cadangan pangan nasional tetapi juga meningkatkan hasil pertanian secara nasional.

Presiden menyampaikan bahwa dengan adanya program yang didalamnya ada optimalisasi lahan pertanian ini, selain memberikan nilai tambah hasil produktivitas pertanian juga meningkatkan hasil pendapatan masyarakat khususnya para petani.

Baca juga: Presiden tinjau lahan di Kapuas bersama gubernur dan sejumlah menteri

Edy Pratowo menambahkan, pemerintah pusat melalui program ini membantu meningkatkan produktivitas dengan pertanian yang dikembangkan secara modern. Bukan saja pada perbaikan jaringan irigasi, tetapi juga pada peningkatan mutu pertanian dengan didukung peralatan pertanian yang modern.

"Termasuk pemerintah pusat akan membantu membangun industri hilir untuk mengolah hasil-hasil pertanian dari masyarakat. Ini tentu menjadi nilai tambah bagi Kabupaten Pulang Pisau yang diberikan kepercayaan untuk pengembangan program ketahanan pangan nasional," ucap Edy Pratowo.

Kedatangan Presiden beserta rombongan dan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran ke Kabupaten Pulang Pisau disambut Bupati Edy Pratowo dan Wakil Bupati Pudjirustaty Narang bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat.

Baca juga: Bupati Kapuas dukung penuh program 'Food Estate' di Kalteng

Baca juga: 'Food estate' di Kalteng tak akan mengganggu lingkungan

Baca juga: Peneliti CIMTROP UPR setuju 'food estate' di Kalteng, asal tak merusak gambut

Pewarta :
Uploader : Ronny
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar