Bantuan dua ventilator sangat membantu penanganan pasien COVID-19 di Bartim

id Bantuan dua ventilator sangat membantu penanganan pasien COVID-19 di Bartim, Bartim, Barito timur, ventilator

Bantuan dua ventilator sangat membantu penanganan pasien COVID-19 di Bartim

Pelaksana Tugas Sekda Bartim Panahan Moetar menerima secara simbolis dua unit ventilator merek Coven 20 atau alat bantu pernapasan untuk menangani pasien terpapar COVID-19 di Tamiang Layang, Selasa (28/7/2020). ANTARA/HO-Pemkab Bartim

Tamiang Layang (ANTARA) - Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas diwakili Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Panahan Moetar mengatakan, dua ventilator sumbangan PT Saptaindra Sejati (SIS) mitra kerja PT Adaro Indonesia sangat membantu penanganan COVID-19 di daerah mereka.

"Bantuan ventilator ini diharapkan dapat menekan angka kematian penderita COVID-19 di Kabupaten Bartim," kata Panahan Moetar di Tamiang Layang, Rabu.

Menurutnya, dua unit ventilator yang diterima akan diserahkan kepada Direktur RSUD Tamiang Layang Jimmi WS Hutagalung, untuk bisa dipergunakan dengan sebaik-baiknya bahkan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk penanganan pasien COVID-19.

Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bartim terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Hingga Rabu (29/8) terdapat 45 warga Bartim terkonfirmasi positif COVID-19 dengan rincian, 18 orang dalam perawatan diantaranya 17 orang dirawat di RSUD Tamiang Layang dan satu orang dirawat di RS Doris Sylvanus Palangka Raya, 26 orang sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Dinas Kesehatan Bartim beserta seluruh jajaran hingga Puskesmas dan RSUD Tamiang Layang terus bekerja keras melaksanakan pencegahan dan penanganan warga yang terpapar COVID-19.

Diperlukan terobosan baru dalam pencegahan, agar segala kegiatan yang dilaksanakan bisa tertangani dengan baik untuk menekan penyebaran COVID-19. 

"Atas nama Pemkab Bartim, saya mengucapkan terima kasih. Dengan adanya bantuan dari pihak perusahaan, kami dari Pemkab Bartim sangat terbantu, sehingga anggaran dari APBD Kabupaten Bartim dapat digunakan untuk kegiatan lain dalam rangka penanggulangan COVID-19," kata Panahan. 

Perwakilan PT SIS, Wahyu Jati Kusuma mengatakan, bantuan dua ventilator itu merupakan bentuk kepedulian kepada masyarakat bangsa dan negara, khususnya pada masa pandemi COVID-19 saat ini.

"Bantuan yang kita berikan yakni dua buah ventilator merek Copen 20. Sebelumnya kita juga memberikan bantuan untuk penanganan COVID-19 seperti APD dan masker. Diharapkan bantuan ini dapat membantu proses pencegahan, penanganan dan penyembuhan para pasien COVID-19 Bartim," demikian Wahyu Jati Kusuma.

Baca juga: Pergaulan anak saat pandemi COVID-19 perlu pengawasan ekstra orangtua

Baca juga: Pemkab sampaikan permasalahan tata batas yang rugikan Bartim

Baca juga: Pastikan tidak tertular COVID-19, Wabup Bartim ikuti tes usap

Pewarta :
Uploader : Admin 2
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar