DPRD Batola-Palangka Raya bahas pemulihan ekonomi

id Dprd palangka raya, palangka raya, dprd batola, kalimantan selatan, pemulihan ekonomi, pen

DPRD Batola-Palangka Raya bahas pemulihan ekonomi

Rombongan anggota DPRD Kabupaten Batola, Kalimantan Selatan berkunjung ke DPRD Kota Palangka Raya, Kamis (24/9/2020). (ANTARA/Adi Wibowo)

Palangka Raya (ANTARA) - Rombongan anggota DPRD Kabupaten Batola, Provinsi Kalimantan Selatan melakukan kunjungan kerja, serta membahas pemulihan ekonomi bersama DPRD Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah di tengah pandemi COVID-19.

Tenaga Ahli DPRD Kota Palangka Raya M Saubari Kusmiran, Kamis, menerima kunker anggota DPRD Batola, yakni Komisi III yang ingin melakukan pembahasan terkait dampak pandemi COVID-19 pada perekonomian masyarakat dan upaya membantu pemulihan ekonomi para pelaku UMKM.

"Beberapa strategi telah dilakukan Pemerintah Kota Palangka Raya untuk memulihkan perekonomian masyarakat di saat pandemi dan pasca pandemi COVID-19," kata Saubari.

Ia menjelaskan, terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh pemerintah kota untuk pemulihan ekonomi. Salah satunya menjalankan program pelatihan usaha kreatif bagi masyarakat terdampak pandemi COVID-19, seperti pelatihan usaha kerajinan tangan, budidaya peternakan, hingga kuliner.

Kemudian, sambung dia, secara perlahan sektor pariwisata kembali dibuka setelah sebelumnya seluruh destinasi wisata di 'Kota Cantik' sebutan Palangka Raya sempat ditutup total, demi mencegah penyebaran virus tersebut.

"Kini sudah berjalan lancar namun tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga pemulihan ekonomi di Palangka Raya mulai berangsur membaik," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Batola sekaligus pimpinan rombongan, Agung Purnomo menuturkan pihaknya ingin mendalami peran pihak lembaga DPRD dalam mendukung pemulihan ekonomi, khususnya bagi sektor UMKM lokal.

Dipilihanya Palangka Raya sebagai tujuan kunker, diakui Agung tidak lain karena saat ini pemkot telah giat memaksimalkan upaya pemulihan ekonomi hingga terdengar pihaknya di Kalsel.

"Fokus kami saat ini adalah pemulihan ekonomi serta bagaimana kebijakan DPRD untuk hidupkan kembali ekonomi dan UMKM," ungkapnya.

Pihaknya berusaha mengambil kebijakan percontohan disini, terutama kebijakan khusus dan penganggaran, sehingga nantinya bisa ditindaklanjuti di Batola.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar