Rossi berencana bawa VR46 ke MotoGP

id valentino rossi,vr46,motogp

Rossi berencana bawa VR46 ke MotoGP

Pebalap tim Monster Energy Yamaha Valentino Rossi menguji knalpot baru di tes ofisial MotoGP di Sirkuit Misano, Selasa (15/9/2020). ANTARA/HO-Yamaha Motor Racing Srl/am.

Jakarta (ANTARA) - Valentino Rossi yang akan membalap bersama tim Petronas Yamaha tahun depan memiliki rencana untuk membawa brand VR46 ke MotoGP untuk musim balapan 2022.

Hal itu diungkapkan sang juara dunia sembilan kali di sesi jumpa pers setelah kualifikasi Grand Prix Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, Sabtu.

Hari yang menggembirakan bagi pebalap berusia 41 tahun itu karena selain mendapat kontrak berdurasi satu tahun dengan tim satelit Yamaha, ia mengamankan posisi start dari baris terdepan kali pertama tahun ini setelah finis P3 di kualifikasi.


Seperti diketahui, Rossi memiliki dua tim yang mengusung nama Sky Racing Team VR46 yang berkompetisi di kelas Moto2 dan Moto3.

Pada 2018, Francesco Bagnaia mempersembahkan gelar juara dunia Moto2 bagi tim besutan mentornya itu dan tahun ini, Luca Marini, adik tiri dari Rossi, memimpin klasemen sementara di kelas intermediate.

"Terlalu dini membicarakan tim, tapi seperti yang dikatakan Lin (Jarvis), MotoGP pada akhir 2021 berubah untuk 2022 dan mungkin kami bisa punya kesempatan untuk membawa VR46 ke MotoGP," kata Rossi seperti dilansir laman resmi MotoGP.

"Tapi kalau boleh bicara jujur, ini sangat dini. Dan bagi kami ini tidak mudah karena organisasi kami baik di Moto3 dan Moto2. Untuk ke MotoGP ini adalah suatu langkah besar.

Rossi telah bicara dengan Yamaha terkait rencana itu untuk meminta dukungan dari pabrikan asal Jepang tersebut.

"Untuk motornya, Yamaha. Kenapa tidak? Kami telah sedikit bicara dengan Lin dan kenapa tidak?

"Tapi sebelumnya kami harus memutuskan apakah akan membuat tim atau lanjut di Moto3 dan Moto2. Dan setelah itu kita akan lihat.

VR46 telah melekat sebagai brand khas Valentino Rossi dan nomor motor 46 yang dipakainya balapan.

Pada 2013 Rossi mendirikan Akademi Pebalap VR46 yang telah menelurkan juara dunia Moto2 seperti Franco Morbidelli dan Francesco Bagnaia.