Relawan demokrasi diharap pacu partisipasi masyarakat Gumas pada Pilkada

id Relawan demokrasi,pilkada kalteng,Relawan demokrasi diharap pacu partisipasi masyarakat Gumas pada Pilkada

Relawan demokrasi diharap pacu partisipasi masyarakat Gumas pada Pilkada

Legislator Gumas Nomi Aprilia. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Gunung Mas, Kalimantan Tengah Nomi Aprilia berharap keberadaan relawan demokrasi (relasi) dapat memacu tingkat partisipasi masyarakat di wilayah setempat pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kalteng 2020.

“Komisi Pemilihan Umum Gumas telah mengukuhkan relasi untuk Pilkada Kalteng 2020. Saya harap keberadaan relasi ini dapat memacu partisipasi masyarakat pada pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020,”  ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Selasa.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini menyebut, keberadaan relasi diharap dapat menumbuhkan kesadaran yang positif bagi masyarakat terhadap pentingnya Pilkada Kalteng 2020 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Legislator yang berasal dari daerah pemilihan I yang meliputi Kecamatan Sepang, Mihing Raya, dan Kurun ini mengingatkan relasi agar selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19, khususnya saat bertugas.

Baca juga: Legislator Gumas sambut baik program Mekar Beranting

Dalam menjalankan tugas, ujar dia, relasi hendaknya selalu berpegang pada mekanisme seperti melakukan pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan sosialisasi, menggunakan alat pelindung diri, menjaga jarak minimal satu meter, dan lainnya.

“Saya harap nantinya partisipasi masyarakat Gumas dalam pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020 minimal dapat mencapai 77,5 persen. Jika lebih maka akan sangat baik,” kata Nomi yang merupakan Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gumas.

Sebelumnya, KPU Gumas mengukuhkan 25 orang menjadi relasi pada pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020. 25 orang relasi tersebut akan bertugas untuk dua kecamatan, yakni Kurun dan Tewah.

Dia menjelaskan, relasi yang ditetapkan oleh KPU Gumas ini bertugas melakukan aktivitas yang mendukung kegiatan sosialisasi dalam penyelenggaraan Pilkada Kalteng 2020, secara sukarela dalam pemilihan.

Baca juga: Legislator Gumas dorong sekolah manfaatkan teknologi

Relasi diharap dapat menumbuhkan kesadaran yang positif bagi masyarakat kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau, terhadap pentingnya Pilkada Kalteng 2020 dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Dengan demikian diharap masyarakat Gumas tergerak untuk menggunakan hak pilih secara bijaksana, bertanggung jawab, dan berkualitas. Harapan kami partisipasi masyarakat Gumas dapat mencapai 77,5 persen,” jelas Sukjani.

Baca juga: Gumas manfaatkan karungut untuk kampanyekan masalah stunting

Baca juga: Partisipasi masyarakat Gumas pada Pilkada diharapkan capai 80 persen

Baca juga: Pembangunan gedung SPKT Polres Gumas senilai Rp2,7 miliar dimulai