Usai 'nyoblos', Bupati ajak masyarakat Gumas jaga kamtibmas

id Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong,Kabupaten Gunung Mas,Gumas,Kalteng

Usai 'nyoblos', Bupati ajak masyarakat Gumas jaga kamtibmas

Bupati Gumas Jaya S Monong dan istri menunjukkan jari yang sudah ditetesi tinta, usai menggunakan hak pilih di TPS 9 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, Rabu (9 Desember 2020). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun, Gunung Mas, Kalte (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Jaya S Monong bersama istri Mimie Mariatie, menggunakan hak pilihnya pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah Kalteng tahun 2020 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 9 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun, sekitar pukul 09.00 WIB.

"Saya harap masyarakat Gumas dapat berpartisipasi pada pelaksanaan Pilkada Kalteng 2020, dengan datang ke TPS untuk menggunakan hak suaranya," ucap ayah dari  Zefanya Naila dan Ester Gloria ini usai melakukan pencoblosan.

Orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini juga mengingatkan masyarakat agar disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, saat menggunakan hak pilih di TPS.

Dan yang utama, dia mengajak seluruh pihak agar bersama-sama menjaga suasana keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga suasana di daerah itu selalu kondusif, khususnya pasca pelaksanaan pilkada.

Lebih lanjut, pelaksanaan pemilihan kali ini berbeda jika dibandingkan dengan pelaksanaan pemilihan tahun-tahun sebelumnya, karena dilakukan di tengah pandemi COVID-19 sehingga ada penerapan protokol kesehatan demi kebaikan bersama.

Baca juga: Legislator Gumas ingatkan masyarakat membawa alat tulis saat pemungutan suara

Walau demikian, dia mengaku tidak ada kendala yang berarti saat menggunakan hak pilihnya, karena penerapan protokol kesehatan telah jauh-jauh hari dilakukan, sebelum pelaksanaan pemungutan suara.

"Di TPS 9 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir saya nilai penerapan protokol kesehatan sudah berjalan dengan baik dan sesuai ketentuan. Saya harap ini juga terjadi di seluruh TPS," tuturnya.

Usai menggunakan hak pilih, dia bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah setempat juga akan meninjau pelaksanaan pemungutan suara di wilayah Kelurahan Kuala Kurun dan Tampang Tumbang Anjir, Kecamatan Kurun.

"Kami ingin memastikan pemungutan suara di TPS berjalan dengan baik, aman dan lancar, serta sesuai protokol kesehatan. Untuk kecamatan-kecamatan lain juga ada tim, yang tergabung dalam desk pilkada, yang akan memantau," demikian Jaya.

Baca juga: Legislator minta masyarakat Gumas jadi pemilih cerdas

Baca juga: Distribusi logistik Pilkada se-Kalteng telah sesuai protokol kesehatan