Diskan Seruyan prioritaskan empat program pada 2021

id Pemkab seruyan, diskan seruyan, perikanan, hasil tangkapan nelayan, sungai seruyan

Diskan Seruyan prioritaskan empat program pada 2021

Foto Dokumentasi - Kepala Dinas Perikanan Abu Hasan melepasakan bibit ikan ke Sungai Seruyan untuk meningkatkan hasil tangkapan nelayan, Kuala Pembuang, Kamis (21/11/2019). (ANTARA/Radianor)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Dinas Perikanan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah pada 2021 ini, memprioritaskan empat program, yakni terkait penangkapan ikan, budidaya, pengolahan dan pemasaran, serta pengawasan sumber daya perikanan.

“Program prioritas 2021 ini, tujuannya untuk meningkatkan hasil tangkap dan budidaya, pemasaran serta meningkatkan fungsi pengawasan,” kata Kepala Dinas Perikanan Abu Hasan di Kuala Pembuang, Jumat.

Menurutnya dengan memprioritaskan empat bidang ini, pihaknya bisa meningkatkan produksi penangkapan ikan, yaitu dalam bentuk konkritnya pembinaan, sehingga pada akhirnya mampu meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

“Tak hanya dari sisi tangkap dan budidaya saja, tapi untuk pemasarannya juga akan kami perhatikan agar harga ikan bisa tetap terjaga, kemudian pengawasan pun akan lebih ditingkatkan,” ucapnya.

Lanjut Abu, seperti yang diketahui bersama salah satu bidang andalan kabupaten berjuluk Bumi Gawi Hantantiring adalah perikanan. Kekayaan alam yang sangat melimpah dari sungai maupun laut, maka untuk memaksimalkan semua itu, perlu adanya keseriusan.

“Kita harus bersama-sama memaksimalkan kekayaan alam yang dimiliki dan saya yakin dengan adanya program tersebut, mampu meningkatkan hasil tangkap nelayan maupun budidaya,” tegasnya.

Ia berharap, dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Seruyan, juga didukung dengan kemauan masyarakat agar lebih sering mengonsumsi ikan yang memiliki kandungan gizi yang baik untuk pertumbuhan otak.

Makan ikan tersebut juga bisa didorong dalam bentuk kegiatan, seperti lomba memasak serba ikan, bekerja sama dengan PKK Seruyan dan instansi terkait, sebagai upaya pembinaan kepada masyarakat khususnya nelayan setempat.

Abu menambahkan, dirinya mendukung penuh visi dan misi bupati dalam membangun daerah. Untuk itu pihaknya siap bekerja secara optimal menyukseskan pelaksanaan empat program prioritas tersebut.

Pewarta :
Uploader : Admin 4
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar