DLHKP Gumas segera perbaiki traffic light di Kuala Kurun

id DLHKP Gumas,gunung mas, traffic light ,DLHKP Gumas segera perbaiki traffic light di Kuala Kurun

DLHKP Gumas segera perbaiki traffic light di Kuala Kurun

Kepala Bidang Perhubungan pada DLHKP Gumas Sandra Cipta. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup, Kehutanan dan Perhubungan Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah segera memperbaiki traffic light di Kota Kuala Kurun yang mengalami kerusakan sejak tahun 2020 lalu.

Kepala DLHKP Gumas Yohanes Tuah melalui Kepala Bidang Perhubungan Sandra Cipta saat dibincangi di Kuala Kurun, Rabu mengatakan bahwa diperkirakan perbaikan akan dilakukan pada bulan Februari 2021 mendatang.

"Anggaran untuk memperbaiki traffic light di Kuala Kurun sudah tersedia. Sesuai rencana, pada bulan Februari 2021 mendatang traffic light tersebut sudah diperbaiki," ucap Sandra Cipta.

Baca juga: Legislator Gumas: DD dan ADD harus bermanfaat bagi masyarakat

Dia menerangkan, traffic light yang terletak di perempatan Jalan A Yani tersebut mengalami kerusakan karena tersambar petir. Akibatnya, traffic light tidak dapat berfungsi secara normal.

Saat itu, ujar dia, traffic light menggunakan teknologi solar cell atau pembangkit listrik tenaga surya. Sayangnya, jika mengalami kerusakan DLHKP Gumas harus menunggu tenaga teknis dari Jakarta yang mampu memperbaiki.

“Terkait solar cell, kami memang kekurangan di sumber daya manusia. Jika ada kerusakan, maka kami terpaksa harus menunggu terlebih dahulu tenaga teknis dari Jakarta datang ke Kuala Kurun untuk memperbaiki,” bebernya.

Baca juga: Ketua DPRD apresiasi keberhasilan Pemkab Gumas turunkan angka kemiskinan

Dia menjelaskan, dari hasil diskusi beberapa tim, maka traffic light yang menggunakan teknologi solar cell tersebut rencananya akan diganti menggunakan teknologi tenaga listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Nantinya DLHKP Gumas akan meminta petugas teknis untuk memberi pelatihan kepada pegawai DLHKP yang khusus mengurus traffic light. Diharapkan jika ada kerusakan yang sifatnya ringan maka dapat diperbaiki oleh DLHKP Gumas.

Artinya, sambung dia, jika traffic light mengalami kerusakan yang sifatnya ringan maka DLHKP Gumas dapat segera memperbaiki, tanpa harus menunggu kedatangan tenaga teknis dari luar daerah.

“Jika semua berjalan baik, maka pada pertengahan atau akhir bulan Februari 2021 perbaikan terhadap traffic light kami laksanakan. Perbaikan tersebut sudah kami rencanakan sejak Desember 2020 lalu,” demikian Sandra Cipta.

Baca juga: Legislator Gumas imbau masyarakat waspadai hoaks terkait vaksin COVID-19

Baca juga: Ketua DPRD sampaikan belasungkawa atas meninggalnya Ketua Dusmala Gumas

Baca juga: Legislator Gumas dorong Upon Batu angkat petugas kebersihan

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar