MotoGP Mandalika harus menggeliatkan perekonomian rakyat, kata Sandiaga Uno

id Sandiaga Uno,Mataram,MotoGP Mandalika,perekonomian rakyat,NTB,The Mandalika,Utama ITDC Abdulbar M Mansoer saat meninjau kawasan The Mandalika, Kabupat

MotoGP Mandalika harus menggeliatkan perekonomian rakyat, kata Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno didampingi Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer saat meninjau kawasan The Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (16/1/2020). (ANTARA/ITDC) (1)

Mataram (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan sebelum MotoGP digelar di sirkuit Mandalika setiap minggu dan setiap bulan harus tetap digelar event-event yang mampu menggeliatkan kehidupan pariwisata dan ekonomi kreatif dikalangan masyarakat.

"Sektor pariwisata harus mampu memutus mata rantai pengangguran, harus mampu meminimalisir kemiskinan," kata Sandiaga Uno didampingi Gubernur NTB H Zulkieflimansyah dalam keterangan tertulis diterima wartawan di Mataram, Sabtu.

Ia menyatakan, tak hanya pariwisata dan ekonomi kreatif saja yang menjadi perhatian. Tetapi juga kelestarian lingkungan. Karena itu, Menparekraf mengajak masyarakat untuk bangkit, dan juga terus meningkatkan hasil kerajinan, seraya tetap menjaga kebersihan, keamanan, kenyamanan dan kelestarian lingkungan.

Saat mengunjungi KEK Mandalika, Menparekraf Sandiaga Uno bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah, dan rombongan sempat berkeliling dilintasan sirkuit menggunakan sepeda motor listrik buatan putra-putra NTB.

Saat itu, ia mengapresiasi atas upaya-upaya percepatan pembangunan KEK Mandalika termasuk di dalamnya pembangunan lintasan digelarnya MotoGP.

"Dengan adanya sirkuit Mandalika diharapkan dapat mengembangkan pariwisata berbasis olahraga (sport tourism)," ujarnya.

Indonesia diketahui masuk daftar cadangan untuk penyelenggaraan ajang balap MotoGP 2021. Karena itu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) terus mengebut pengerjaan Sirkuit Jalan Raya Mandalika yang berada di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Didukung view Pantai Mandalika yang indah dan eksotik.

Sandiaga menegaskan pergelaran MotoGP yang sedang diperjuangkan untuk diselenggarakan di Sirkuit Mandalika Kabupaten Lombok Tengah, diharapkannya mampu memicu kebangkitan ekonomi daerah sekitar.

"Saya ingin MotoGP ini bukan hanya sekedar infrastrukturnya saja yang terbangun tetapi juga sumber daya manusianya agar mereka bisa dengan cepat memanfaatkan peluang untuk membuka lapangan kerja," ujar mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini.

Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengatakan Presiden Jokowi telah memberikan arahan kepada Menparekraf untuk menyukseskan event MotoGP.

Kementrian pariwisata, kata Bang Zul, selain mensukseskan MotoGP, tentu akan membuat event-event besar sebelum MotoGP. Karena menurutnya, salah satu cara mendongkrak perekonomian masyarakat adalah dengan memperbanyak event yang melibatkan masyarakat.

Pada kesempatan tersebut Menparekraf juga menyerahkan bantuan toilet terbaik untuk KEK Mandalika. Toilet ini diklaim sebagai toilet paling lengkap dan juga terbaik jika dibandingkan dengan toilt-toilet di sejumlah destinasi wisara Indonesia.