Kemenparekraf pastikan kesuksesan ajang MotoGP Mandalika 2024

id Kemenparekraf ,MotoGP Mandalika 2024,Sandiaga Salahuddin Uno,Kalteng

Kemenparekraf pastikan kesuksesan ajang MotoGP Mandalika 2024

Pembalap Aprilia Racing Maverick Vinales (tengah) beradu cepat dengan pembalap Prima Pramac Racing Jorge Martin (kanan) dan pembalap Mooney VR46 Racing Team Luca Marini (kiri) pada balapan Sprint Race MotoGP seri ke-15 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Sabtu (14/10/2023). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/hp.

Tangerang (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) berkomitmen akan mendukung dan menyukseskan event MotoGP 2024 yang diselenggarakan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), menjadi terbaik dari sebelumnya.

"Kami diarahkan untuk mendukung dari segi promosi melalui Wonderfull Indonesia bersama MotoGP," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, di Tangerang, Banten, Jumat.

Ia mengatakan, perhelatan MotoGP 2024 diyakini akan mempercepat kemajuan pariwisata KEK Mandalika, Kemenparekraf dan pemerintah daerah akan terus bersinergi untuk bagaimana terus meningkatkan penyelenggaraan internasional menjadi yang terbaik dari yang pernah ada di dunia.

"MotoGP sendiri sudah menjadi tugas dari kita semua untuk memastikan kelancarannya, dan menjadi garda terdepan adalah ITDC yang nanti akan terus mengembangkan MotoGP sebagai kegiatan yang dimiliki Indonesia," katanya lagi.

Sandiaga menyebut, dalam penyelenggaraan ajang balap motor kelas dunia selama tiga hari, yakni pada 27-29 September mendatang, pihaknya menargetkan terdapat sekitar 102 ribu pengunjung dapat hadir pada event tersebut.

"Kalau dari kami pergerakan wisatawan itu total ada 100 ribu seperti tahun lalu, tetapi ada kenaikan mungkin 102 ribu, dimana 15 persen sampai 12 persen adalah wisatawan mancanegara," kata dia.

Direktur Operasi InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) sekaligus Chairman Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 Troy Reza Warokka menyebutkan sebanyak 10 pembalap terkemuka di ajang MotoGP direncanakan akan mengikuti parade di Kota Mataram, NTB, menjelang balapan di Sirkuit Mandalika pada 25-29 September 2024.

"Pada tanggal 25 akan ada rangkaian rider. Dan dipastikan akan ada 10 rider terbaik akan ikut dengan nama-nama besar yang sering terdengar menjadi juara di seri dua terakhir juga sudah pasti hadir," katanya pula.

Pembalap yang akan mengikuti parade di Kota Mataram ini tentunya para rider terkemuka di dunia termasuk sosok pembalap yang sudah menjuarai seri dua terakhir yakni Marc Marquez.

"Semua akan berkomitmen untuk meramaikan Mataram, bukan di Jakarta," ujarnya lagi.

Untuk rute parade yang akan dijalani para pembalap MotoGP ini, yaitu dengan mengelilingi Kota Mataram. Menjelang balapan internasional itu sejumlah persiapan mulai dilakukan, satu di antaranya terkait fasilitas transportasi dan keamanan untuk menuju Sirkuit Mandalika.

"Kami memastikan secara keamanan, trafik, proses dan prosesi itu dipastikan berjalan baik serta lancar yang didukung langsung oleh Pemprov NTB dan seluruh stakeholder," katanya pula.

Dia juga menambahkan, pada ajang MotoGP 2024 ini, pihaknya dapat memastikan seluruh fasilitas terkait pagelaran balapan motor kelas internasional ini telah siap.

Pihaknya bakal menyuguhkan kepada para rider dan penonton balapan MotoGP hal yang berbeda dari tahun sebelumnya.

"Kami berharap dampak ekonominya juga akan berdampak besar dibandingkan tahun lalu, yakni sebesar Rp3,4 triliun menjadi pendapatan lebih bagus," kata dia.