Upaya Pemkab Gunung Mas untuk pemulihan ekonomi

id Pemkab Gumas,gunung mas,pemulihan ekonomi,Upaya Pemkab Gunung Mas untuk pemulihan ekonomi

Upaya Pemkab Gunung Mas untuk pemulihan ekonomi

Bupati Gumas Jaya S Monong memberi keterangan kepada awak media, usai menjalani vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tampang Tumbang Anjir Kecamatan Kurun, Senin (15/2/2021). (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong mengatakan pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kecamatan dilaksanakan sejak 11 – 16 Februari 2021.

Dalam pelaksanaan musrenbang kecamatan, Pemerintah Kabupaten Gumas menekankan pentingnya penyusunan anggaran secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, dan tepat sasaran, kata Jaya di Kelurahan Tampang Tumbang Anjir, Senin.

“Sebelumnya tidak ada yang bisa memprediksi terkait pandemi COVID-19. Jadi salah satu yang menjadi fokus adalah anggaran dipersiapkan untuk mengatasi dampak pandemi COVID-19, terutama pemulihan ekonomi,” ucapnya.

Walau demikian, tutur orang nomor satu di kabupaten bermotto Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini, berbagai program serta tahapan demi tahapan yang telah diatur akan tetap menjadi perhatian.

Baca juga: Legislator Gumas dorong para sarjana mendaftar jadi calon kades

Kedepan program atau kegiatan strategis yang disusun hendaknya mampu mengatasi dampak pandemi COVID-19, tanpa keluar dari koridor arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Gumas 2019-2024.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pengembangan Gumas Yantrio Aulia mengatakan pelaksanaan musrenbang kecamatan kali ini berbeda dengan pelaksanaan musrenbang tahun-tahun sebelumnya.

Dia menyebut bahwa biasanya pelaksanaan musrenbang kecamatan dilakukan di masing-masing kecamatan. Namun karena pada tahun ini terjadi pandemi  COVID-19, maka pelaksanaan musrenbang kecamatan dipusatkan di beberapa tempat.

Baca juga: Ini yang dirasakan Bupati Gumas usai vaksinasi COVID-19 dosis kedua

Musrenbang Kecamatan Kurun, Mihing Raya, dan Sepang dipusatkan di Kuala Kurun Kecamatan Kurun pada Kamis (11/2). Untuk Musrenbang Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, dan Rungan Barat dipusatkan di Rungan pada Senin (15/2).

Kemudian, untuk Musrenbang Kecamatan Tewah dilakukan di Tewah pada Senin (15/2). Lalu Musrenbang Kecamatan Manuhing dan Manuhing Raya akan dipusatkan di Manuhing pada Selasa (16/2).

“Sedangkan Musrenbang Kecamatan Kahayan Hulu Utara, Miri Manasa dan Damang Batu akan dipusatkan di Kahayan Hulu Utara pada Selasa (16/2). Seluruh pelaksanaan musrenbang menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” jelas Yantrio.

Baca juga: Bupati berharap Lewu Isen Mulang tekan penyebaran COVID-19 di Gumas

Baca juga: Legislator Gumas ingin masyarakat Hurung Bunut semakin sadar wisata

Baca juga: Legislator Gumas berharap anggota BPD perempuan mampu membagi waktu