Tongkang batu bara kandas akibat Sungai Barito surut

id sungai barito surut,tongkang batubara kandas,barito utara,kalteng

Tongkang  batu bara  kandas akibat  Sungai Barito surut

Sebuah tongkang bermuatan ribuan metrik ton batu bara kandas di Sungai Barito yang surut di kawasan Teluk Siwak Kecamatan Montallat, Kabupaten Barito Utara, Kamis (28/2/2021).ANTARA/HO-UPTD Dermaga Muara Teweh

Muara Teweh (ANTARA) - Hulu Sungai Barito di kawasan pedalaman Kabupaten Barito Utara dan Murung Raya, Kalimantan Tengah, surut sehingga sejumlah kapal dan tongkang bertonase besar terperangkap dan tidak bisa berlayar.

"Angkutan angkutan kapal dan tongkang bermuatan batu bara bertonase besar tidak bisa berlayar, bahkan ada yang kandas di tengah Sungai Barito dalam dua pekan terakhir," kata Kepala UPTD Dermaga Muara Teweh pada Dinas Perhubungan Barito Utara, Muhammad Nurdin di Muara Teweh, Senin.

Sejumlah kapal tarik atau tunda (tugboat) dan tongkang yang sebelumnya berlayar ke hulu maupun hilir pada saat debit air Sungai Barito naik, kini terpaksa bersandar di beberapa tempat, bahkan tiga buah tongkang bermuatan ribuan metrik ton batu bara kandas di tengah Sungai Barito di kawasan Teluk Siwak Kecamatan Montallat, selain itu ada 13 tongkang bermuatan batu bara bersandar di wilayah Bukau Kecamatan Teweh Tengah.

Ketinggian air Sungai Barito pada skala tinggi air (STA) Muara Teweh pada Senin siang di angka 2,09 meter yang menunjukkan angka tidak aman bagi pelayaran kapal bertonase besar.

 
Seorang warga berjalan menuju lanting (bangunan terapung) di Sungai Barito di wilayah Muara Teweh yang surut, Senin (01/3/2021).ANTARA/Kasriadi


"Saat ini sejumlah tongkang kosong dan bermuatan batu bara sudah tidak bisa sehingga mereka bersandar di kawasan hutan pinggiran Sungai Barito," katanya.

Meski angkutan kapal dan tongkang bertonase besar tidak bisa berlayar, sejumlah kapal barang dan angkutan penumpang yang tonasenya sedang untuk sementara tidak mengalami kendala.

Kepala Kelompok Teknisi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Barito Utara  Sunardi  mengakui saat ini Sungai Barito surut, meski masih musim hujan.

"Saat ini masih memasuki musim penghujan, namun tingkat curah hujan di daerah ini pada Februari hanya 147 milimeter (16 hari hujan) atau di bawah normal dari rata-rata bulan yang sama sebanyak 240-325 mm," kata dia.