Komunitas motor diajak hidupkan pariwisata Indonesia

id Sandiaga Salahuddin Uno,Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif,Komunitas motor diajak hidupkan pariwisata

Komunitas motor diajak hidupkan pariwisata Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama dengan para peserta Winderfull Ride (ANTARA/Ho)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengajak komunitas motor untuk menghidupkan kembali pariwisata di Indonesia yang sempat redup akibat dampak pandemi COVID-19.

Dalam program Wonderful Ride, Kemenparekraf membuat sebuah konsep perjalanan bermotor menyambangi jalur-jalur wisata unggulan di Jawa Tengah mulai dari 15-17 Juni 2021. Sandiaga meminta semua pihak untuk ambil peran dalam menggairahkan kembali pariwisata di Indonesia termasuk komunitas motor.

"Saya meminta semua komunitas motor ikut membantu pemerintah untuk membangkitkan kembali sektor pariwisata dengan berbagai program kreatif yang tentunya bisa menghidupkan ekonomi masyarakat. Dengan program Wonderful Ride kita akan melewati jalur-jalur wisata di Jawa Tengah dan bertemu dengan komunitas motor lokal untuk sosialisasi penerapan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) di kawasan wisata daerah," kata Sandiaga Uno dalam keterangan resmi, Senin.

Baca juga: Sandiaga Uno tak ingin kecelakaan di destinasi wisata terulang

Dalam hal ini, komunitas kendaraan roda dua memiliki peran yang cukup penting untuk mengembangkan dunia pariwisata di Indonesia dengan aktivitas touring-nya. Keberadaan destinasi wisata di berbagai daerah dengan mudah bisa dijangkau oleh para bikers sebagai tujuan pelesir.

Selain itu dalam konteks ekonomi kreatif, industri sepeda motor merupakan salah satu segmen yang terus berkembang dinamis dengan beragam kreasi para pegiatnya.

Atas dasar itu semua, Kemenparekraf membuat Wonderful Ride yang dikaitkan dengan program Gerakan Bersama Komunitas (Geber Komunitas). Peran komunitas adalah turut serta mensosialisasikan program Kemenparekraf untuk membiasakan masyarakat berwisata #DiIndonesiaAja.
 
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno bersama dengan para peserta Winderfull Ride yang akan berangkat menuju destinasi wisata (ANTARA/Ho)

Pada rangkaian kegiatan Wonderful Ride, Kemenparekraf mengajak dua selebritas yang juga dikenal sebagai penggemar motor yakni Darius Sinathrya dan Tora Sudiro untuk turut mengampanyekan pemulihan sektor pawisata dengan menerapkan protokol kesehatan melalui CHSE.

"Sudah seharusnya komunitas motor itu bersinergi dengan pemerintah untuk ikut mendorong pemulihan dunia pariwisata di Indonesia. Mereka bisa memberikan informasi akses dan fasilitas sebuah tujuan wisata kepada masyarakat dari hasil touring-nya ," kata Gusti Taura Danang Sudiro atau yang lebih akrab disapa Tora Sudiro.

Baca juga: Kembangkan pariwisata NTB, Menparekraf hibah Rp3,7 triliun

Sementara Darius Sinathrya mengatakan bahwa dibutuhkan kolaborasi antara komunitas motor dengan stakeholder di sektor pariwisata dan ekomomi kreatif.

"Sudah banyak contoh berbagai kegiatan bermotor seperti adventure memiliki nilai positif dalam kaitannya dengan dunia pariwisata di daerah. Mereka bisa menjangkau tempat-tempat baru yang berpotensi menjadi tujuan wisata bagi masyarakat umum. Dengan adanya Wonderful Ride akan membuka wawasan bagi para komunitas untuk bisa terus menjaga lingkungan sekitar," kata Darius.

Kegiatan Wonderfull Ride juga mendapatkan dukungan dari berbagai pihak, seperti PT Pegadaian (Persero), perusahaan sektor otomotif, dan komunitas sepeda motor, di antaranya LA23 Riders.

Dalam kegiatan ini, para biker akan mengunjungi dan mempromosikan beberapa lokasi pariwisata seperti Forest Coffee, Candi Arjuna Dieng, Desa Wisata Posong Temanggung, Gua Kriskendo Kulon Progo, Desa Wisata Tuk Songo Borobudur, Tugi Yogyakarta dan Desa Wisata Jagalan.

Dibantu dengan Satgas Jamban, anggota komunitas akan ikut membersihkan fasilitas umum berupa toilet di lokasi-lokasi tersebut agar pengunjung merasa lebih nyaman.

Baca juga: Sandiaga optimis mudik ditiadakan destinasi wisata akan penuh

Baca juga: Menparekraf: Pelaku pariwisata prioritas vaksinasi

Baca juga: MotoGP Mandalika harus menggeliatkan perekonomian rakyat, kata Sandiaga Uno