Bupati Seruyan serahkan lima unit motor trail untuk penanganan karhutla

id Pemkab seruyan, bupati seruyan, yulhaidir, bantuan lima unit motor trail karhutla, kalteng, kuala pembuang, kebakaran lahan, kebakaran hutan

Bupati Seruyan serahkan lima unit motor trail untuk penanganan karhutla

Bupati Seruyan Yulhaidir (baju putih) saat menyerahkan bantuan lima unit kendaraan operasional karhutla kepada Koramil 1015-14 Kuala Pembuang, Kamis, (19/8/2021). (ANTARA/HO-Prokom Seruyan)

Kuala Pembuang (ANTARA) - Bupati Seruyan, Kalimantan Tengah Yulhaidir menyerahkan bantuan kendaraan operasional roda dua jenis trail sebanyak lima unit kepada Koramil 1015-14 Kuala Pembuang, untuk penanganan kebakaran hutan dan lahan di wilayah setempat.

“Kendaraan tersebut kami serahkan untuk memudahkan petugas dalam menangani karhutla,” kata Bupati Seruyan Yulhaidir di Kuala Pembuang, Kamis.

Menurut dia, penanganan karhutla harus dilakukan maksimal dan harus didukung dengan operasional yang memadai, seperti halnya kendaraan tersebut guna memudahkan petugas menjangkau wilayah-wilayah yang sulit atau tidak bisa dilewati roda empat.

“Kalau petugasnya sudah bekerja dengan baik, tapi alat operasionalnya tidak memadai tentu untuk penanganannya juga kurang maksimal. Maka penunjang dalam penanganan tersebut juga sangat penting,” ungkapnya.

Orang nomor satu di kabupaten yang berjuluk Bumi Gawi Hantantiring ini menjelaskan, di Seruyan sendiri untuk wilayahnya kebanyakan lahan gambut sehingga apabila terjadi kebakaran tentu akan sangat sulit dipadamkan. 

Oleh karena itu, kepada semua pihak baik dari tingkat kabupaten hingga desa, agar bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat agar tidak membakar lahan, karena dampaknya sangat besar.

“Semua pihak harus berkolaborasi memberikan pemahaman kepada masyarakat agar tidak membakar lahan, karena di tempat kita ini banyak lahan gambut," paparnya.

Apabila sudah terbakar maka sulit untuk dipadamkan. Untuk itu, upaya pencegahan harus benar-benar dimaksimalkan.

Yulhaidir menambahkan, dalam upaya pencegahan karhutla ini dukungan dari masyarakat juga sangat diperlukan sehingga bencana kebakaran bisa diantisipasi.

“Saya harap masyarakat juga harus ikut berpartisipasi mendukung petugas dalam melakukan pencegahan maupun penanganan karhutla,” demikian Yulhaidir.