Bapenda Seruyan cek langsung surat balasan PBS terkait wajib pajak

id Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Sukardi, Kepala Bapenda Kabupaten Seruyan , Bapenda Kabupaten Seruyan, Bapenda Se

Bapenda Seruyan cek langsung surat balasan PBS terkait wajib pajak

Kepala Bapenda Seruyan Sukardi di Kuala Pembuang. ANTARA/Radianor

Kuala Pembuang (ANTARA) - Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah, Sukardi menyatakan bahwa pihaknya bakal mengecek langsung ke lapangan terkait adanya surat balasan dari Perusahaan Besar Swasta berkenaan dengan kewajiban pajak.

"Kami memang ada menyampaikan surat teguran yang telah kita berikan kepada sejumlah PBS, agar bisa melaporkan dan memenuhi kewajiban pajak yang harus dibayarkan, kata Sukardi di Kuala Pembuang, Selasa.

Dikatakan, saat ini sudah ada beberapa PBS memberikan surat balasan dengan mencantumkan berbagai alasan yang diantaranya tidak adanya kegiatan. Demi memastikan alasan tersebut, Bapenda pun akan ke lapangan untuk memastikan kebenarannya.

Sukardi mengatakan bahwa dirinya sudah  menugaskan tim pemantau untuk memastikan kebenaran hal tersebut. Bahkan tim saat ini telah menangani proses pemeriksaan di salah satu PBS setempat.

"Yang jelas, kami tidak semudah itu langsung percaya. Itulah kenapa kami perlu melakukan pemeriksaan secara langsung," ucapnya.

Dia menjelaskan bahwa beberapa waktu lalu pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sampit untuk menghimpun data sekunder. Bapenda juga mencoba berkolaborasi kepada instansi terkait agar target realisasi pajak bisa terpenuhi

"Jangan sampai potensi yang kita miliki itu tidak terpungut," kata Kepala Bapenda Seruyan itu.

Baca juga: Pendampingan pengrajin menjadi faktor penting dalam menunjang pengembangan produk

Dia menambahkan, untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Bumi Gawi Hantantiring ini perlu adanya kerja sama dari semua pihak, baik itu dari instansi-instansi atau lembaga serta juga masyarakatnya sendiri.

Terlebih lagi, peran dari PBS agar bisa taat bayar pajak, sehingga keberadaan mereka bisa berdampak positif bagi masyarakat dan daerah tersebut.

"Saya harap dalam upaya peningkatan  PAD di Seruyan ini sangat diperlukan sekali bantuan dan kerja sama dari semua pihak," demikian Sukardi.

Baca juga: Legislator Seruyan: Pengelolaan pertanian sejumlah kecamatan kurang maksimal

Baca juga: Bupati Seruyan serahkan lima unit motor trail untuk penanganan karhutla