Murung Raya raih penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan RI

id Murung Raya raih penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan RI, Kalteng, Mura, murung raya

Murung Raya raih penghargaan WTP dari Kementerian Keuangan RI

Sekda Murung Raya bersama pejabat lingkup pemerintah kabupaten setempat saat mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2021 secara virtual di Puruk Cahu, Selasa (14/9/2021). ANTARA/Supriadi

Puruk Cahu (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, mendapat penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) tahun 2020 dari Kementerian Keuangan Republik Indonesia.

Penghargaan itu diumumkan saat rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah tahun 2021 secara virtual.

"Untuk Kabupaten Murung Raya mendapat penghargaan WTP tahun 2020 dari Kementerian Keuangan RI karena sudah mendapatkan lima kali berturut-turut opini WTP dari BPK-RI," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Murung Raya, Hermon mewakili Bupati Murung Raya, Perdie Midel Yoseph di Puruk Cahu, Selasa.

Hermon mengatakan, penghargaan itu diberikan kepada daerah yang telah memperoleh predikat opini WTP lima kali berturut-turut dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI).

Ia menyampaikan, penghargaan ini diperoleh Kabupaten Murung Raya bersama 364 kabupaten lainnya di Indonesia.

Hermon menjelaskan, opini WTP dari Kementerian Keuangan itu turut diberikan kepada 486 pemerintah daerah dari total 542 pemerintah daerah se-Indonesia atau 89,7 persen, yang terdiri dari 33 provinsi, 88 pemerintah kota, dan 365 pemerintah kabupaten.

Selain untuk daerah yang mendapat lima kali WTP berturut-turut, penghargaan juga diberikan kepada daerah yang sudah mendapatkan opini WTP 10 kali berturut-turut dan 15 kali WTP berturut-turut dari BPK RI.

Baca juga: Tiga Fraksi DPRD soroti masalah air bersih di Murung Raya

Menurut dia, penghargaan yang diperoleh ini menunjukkan pengelolaan keuangan Pemerintah Kabupaten Murung Raya dilakukan secara akuntabel dan transparan.

"Semoga saja torehan prestasi yang telah diraih pemkab Mura ini bisa terus ditingkatkan. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ibu Menteri Keuangan RI yang telah memberikan penghargaan ini, dan penghargaan ini tentunya untuk memotivasi kami bekerja lebih baik lagi ke depannya," tutur Hermon.

Sementara untuk diketahui, Rakernas tersebut dibuka Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati dengan mengusung tema “Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi”.

Acara digelar secara virtual melalui konferensi video tersebut dari Kantor Kementerian Keuangan Republik Indonesia Jalan DR Wahidin Raya nomor 1 Jakarta yang diikuti oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia.

Baca juga: Bupati Murung Raya serahkan bantuan untuk korban banjir di Katingan