Tiga Fraksi DPRD soroti masalah air bersih di Murung Raya

id DPRD Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, Kabupaten Murung Raya, Kalteng, DPRD Murung Raya, air bersih di Kabupaten Murung Raya

Tiga Fraksi DPRD soroti masalah air bersih di Murung Raya

Suasana rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi DPRD terhadap tiga raperda usulan pemerintah kabupaten Murung Raya, di Puruk Cahu, Selasa (14/9). ANTARA/Supriadi.

Puruk Cahu, Kalteng (ANTARA) - Fraksi Partai Amanat Nasional DPRD Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, bersama Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Pembangunan Bangsa, menyoroti ketersediaan air bersih di wilayah setempat.

Juru bicara fraksi PAN DPRD Murung Raya Akhmad Tafruji saat rapat paripurna DPRD dengan agenda pandangan umum fraksi terhadap tiga raperda di Puruk Cahu, Selasa, mengatakan bahwa pemerintah daerah di tahun 2021 harus memikirkan membangun sarana air bersih di daerah ini.

"Itu semua agar masyarakat bisa menikmati salah satu kebutuhan dasar itu, terutama di wilayah Kota Puruk Cahu," kata Akhmad.

Hal senada juga disampaikan Ketua Fraksi PKS Imanudin, kebutuhan akan air bersih saat ini di Murung Raya bisa dikatakan menjadi skala prioritas yang harus dituntaskan segera oleh pemerintah daerah.

"Air bersih ini, merupakan keperluan orang banyak yang digunakan untuk kebutuhan sehari-hari," ujar Imanudin.

Menurutnya, hingga saat ini pendistribusian air bersih dalam Kota Puruk Cahu masih belum merata dan terkait masalah air bersih ini merupakan pekerjaan rumah (PR) yang sampai saat ini belum terselesaikan.

"Ini tentunya menjadi tanggungjawab bersama supaya masalah ini bisa cepat diselesaikan, sehingga pendistribusiannya bisa lancar dan merata," beber Imanudin.

Baca juga: Bupati Murung Raya serahkan bantuan untuk korban banjir di Katingan

Sedangkan Rabul Yakin, juru bicara fraksi PPP berharap kedepannya ada langkah nyata dari pemerintah daerah dalam menyelesaikan masalah air bersih yang setiap memasuki musim kemarau selalu mengalami kekurangan air baku.

"Kita masih dibantu dengan kondisi cuaca yang sering hujan, tapi tunggu saja ketika masuk musim kemarau, maka kita akan merasakan dampaknya," jelas Rabul.

Untuk itu ia mengharapkan mengenai masalah ini supaya bisa diselesaikan, sehingga kekurangan air baku terutama pada musim kemarau bisa diatasi dengan baik.

Acara rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi DPRD terhadap tiga raperda usulan pemerintah kabupaten Murung Raya itu dipimpin ketua DPRD Murung Raya, Doni.

Dalam kegiatan yang berlangsung di ruang paripurna DPRD tersebut dihadiri wakil bupati Murung Raya, Rejikinoor dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta sejumlah Kepala Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) setempat.

Baca juga: Murung Raya prioritaskan lima proyek tahun jamak

Baca juga: Bupati Mura terpilih secara aklamasi jadi Ketua HKTI Kalteng