Usulan perluasan FKTP Mura sebagai upaya peningkatan kualitas layanan

id bpjs kesehatan muara teweh,fktp,murung raya,sekda mura,kalteng

Usulan perluasan FKTP Mura sebagai upaya peningkatan kualitas layanan

Forum Kemitraan antara BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh dengan Pemerintah Kabupaten Murung Raya dan pemangku kepentingan utama setempat membahas peningkatan layanan program JKN-KIS di ruang pertemuan Pemkab Murung Raya di Puruk Cahu,Senin (13/9/2021).ANTARA/HO-BPJS Kesehatan Muara Teweh

Puruk Cahu (ANTARA) - Forum Kemitraan antara BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh dengan Pemerintah Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah, dan pemangku kepentingan utama  setempat membahas upaya peningkatan kualitas layanan program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Forum dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Murung Raya (Mura) Hermon dan dihadiri oleh anggota komisi DPRD Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat Romiadi, Direktur RSUD Puruk Cahu Martin Maha, Kepala Dinas Sosial Rusine, Pewakilan Dinas Kesehatan, Plt Kepala BPKAD Mura, BKPSDM Mura dan Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Pupung Purnama di ruang pertemuan kantor pemkab setempat di Puruk Cahu,Senin.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh Pupung Purnama mengapresiasi dukungan dari jajaran Pemkab Murung Raya dalam pelaksanaan sistem JKN di  daerah setempat.

"Kami ucapkan terima kasih atas banyaknya dukungan yang telah diberikan oleh jajaran pemerintah daerah  dari sistem rumah sakit yang sudah bridging, penataan administrasi klaim yang sudah baik, dan capaian sistem JKN yang sudah UHC," kata Pupung.

Ia menambahkan adanya usulan perluasan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang sebelumnya sebagai Puskesmas Pembantu (Pustu) dapat ditingkatkan menjadi Puskesmas Induk dapat memberikan akses layanan yang lebih luas kepada masyarakat.

"Kami mengharapkan adanya peningkatan pustu menjadi puskesmas dalam upaya peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat mengingat dari sisi geografis dan aksesibilitas masyarakat yang menantang di wilayah Kabupaten Murung Raya. Apalagi ke depan Puskesmas yang ada bisa menjadi puskesmas rawat inap," tambahnya.

Usulan dan harapan tersebut disambut baik oleh pemkab setempat, Sekda Murung Raya Hermon dan dinas terkait menyatakan siap untuk menindaklanjuti bersama upaya kedepan dalam peningkatan kualitas layanan.

"Untuk peningkatan kualitas layanan kepada masyarakat, apa saja yang bisa kita lanjuti bersama sebagai upaya kedepan dan hal-hal positif yang telah dicapai akan terus dipertahankan," ucap Hermon. 

Tindak lanjut tersebut diantaranya pemenuhan rasio dokter di fasilitas kesehatan dengan berupaya merekrut tenaga dokter melalui tenaga kontrak baik dokter umum maupun dokter spesialis. Dari segi pemerintahan juga dengan mengajukan usulan kepada Kemenpan-RB untuk alokasi penerimaan CPNS tenaga dokter di Kabupaten Murung Raya atas usulan dari Dinas Kesehatan maupun Rumah Sakit.