Kenalkan potensi wisata, DPRD Barsel apresiasi balapan perahu ketinting

id Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Zainal Khairuddin, Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan, DPRD Kabupaten Barito

Kenalkan potensi wisata, DPRD Barsel apresiasi balapan perahu ketinting

Kegiatan balapan perahu ketinting yang dilaksanakan Pemerintah Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan pada Sabtu (23/10). ANTARA/Bayu Ilmiawan

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Zainal Khairuddin mengapresiasi langkah Pemerintah Desa Danau Ganting, Kecamatan Dusun Selatan, yang menyelenggarakan balapan perahu ketinting beberapa waktu lalu.

"Kegiatan ini tentunya akan menarik wisatawan lokal yang berkunjung ke desa itu," kata Zainal Khairuddin, saat dihubungi melalui di Buntok, Senin.

Dikatakannya, melalui kegiatan yang dilaksanakan itu sebagai sarana memperkenalkan potensi wisata yang ada di desa yang banyak dikunjungi masyarakat dari sejumlah wilayah untuk memancing ikan.

Ia juga mengimbau kepada desa lainnya yang ada di Barito Selatan ini agar bisa memanfaatkan dan mengembangkan potensi wisata yang ada di desanya masing-masing.

"Potensi wisata pada masing-masing desa itu harus benar-benar dikelola dengan sebaik mungkin," kata politisi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Barito Selatan ini.

Menurut dia, hal itu dilakukan untuk menggerakan roda perekonomian dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masing-masing desa.

"Inovasi dan kreatifas dari pemerintahan desa sangat diperlukan untuk mengembangkan potensi wisata yang berada di desanya supaya bisa menarik para wisatawan berkunjung ke desa tersebut," terangnya.

Baca juga: DPRD HSU kunjungi BPBD Barsel kaji tentang penyederhanaan birokrasi

Sebelumnya, Desa Danau Ganting melaksanakan lomba perahu ketinting pada Sabtu (23/10) kemarin, yang diikuti oleh 40 peserta dari desa tetangga seperti Desa Muara Arai, Kelurahan Hilir Sper, Kelurahan Buntok Kota, Desa Janggi, Malitin, dan Teluk Betung serta Desa Babai.

Kepala Desa Danau Ganting, Gapilon sebelumnya menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan atas dasar usulan dari pemuda Karang Taruna desanya.

Kegiatan yang dilaksanakan ini untuk lebih mengenalkan keindahan alam yang dimiliki, dan sekaligus menyalurkan hobi para pemuda desa yang berdomisili di bantaran sungai.

"Semoga saja danau pada desa ini bisa dikembangkan, sehingga bisa dijadikan tempat wisata," harap Gapilon

Baca juga: 300 siswa SMAN 1 Buntok ikut vaksinasi COVID-19 dosis kedua

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2021