Tim IBL bakal perebutkan 186 pemain asing

id basket indonesia,ibl,musim 2022,pemain asing

Tim IBL bakal perebutkan 186 pemain asing

Pebasket Satria Muda Pertamina Jakarta Laurentius Steven Oei (atas) berebut bola dengan pebasket Pelita Jaya Bakrie Jakarta Muhammad Hardian Wicaksono (tengah) dan Andakara Prastawa Dhyaksa (bawah) dalam gim ketiga Final Liga Bola Basket Indonesia (IBL) 2021 di Britama Arena, Jakarta, Minggu (6/6/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Jakarta (ANTARA) - Tim peserta Indonesian Basketball League (IBL) musim 2022 bakal memperebutkan sedikitnya 186 pemain asing yang sudah terdaftar dan berasal dari 18 agen berlisensi resmi Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan nama-nama populer yang pernah meramaikan IBL sebelumnya kembali menjadi kandidat untuk musim mendatang.

"Selain itu juga ada nama-nama baru yang memiliki profil dan pengalaman yang sangat menarik," kata Junas dalam laman resmi IBL, Selasa.

Pada IBL Draft 10 November 2021, tim peserta bakal memilih pemain muda potensial (rookie). Selain itu, juga akan memilih pemain asing yang diharapkan nantinya para pemain tersebut mulai hadir di Indonesia pada 2 Desember 2021.

"Kami tetap menjalankan protokol kesehatan ketat. Para pemain asing tersebut harus sudah divaksin, menjalankan prosedur-prosedur yang telah ditetapkan dan pastinya screening saat kedatangan, termasuk proses karantina sesuai peraturan pemerintah,” ujar Junas.

Baca juga: Denny Sumargo pimpin Louvre Indonesia mentas di ABL musim 2022

Rencana penggunaan pemain asing ini telah disampaikan dalam proses audiensi dengan pihak pemerintah, di antaranya Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

Sebagai informasi, IBL musim lalu bergulir tanpa pemain asing karena pandemi COVID-19, dan Junas berharap situasi penanganan virus corona makin membaik.

Mengenai aturan profil pemain asing mendatang, tidak jauh berbeda dari musim sebelumnya, yakni batasan tinggi 200cm alias 2 meter dan setiap klub dapat diperkuat dua pemain asing dalam roster mereka.

"Perbedaan untuk musim mendatang, secara teknis di lapangan saat bersamaan hanya dapat diturunkan satu pemain di lapangan," tutur Junas.

"Melihat kompetisi musim 2021 lalu dengan baiknya penampilan para pemain lokal, maka dengan komposisi ini diyakini akan menambah keseruan melalui aksi-aksi tambahan dari pemain asing dan juga memberi kesempatan kepada para pemain lokal untuk memaksimalkan potensinya," tambahnya. 

Baca juga: Rayakan HUT ke-75, NBA dan Nike luncurkan jersey baru