Legislator Gumas optimis target 70 persen vaksinasi tercapai

id Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Riantoe optimis,dprd gumas,berita kalteng,vaksinasi COVID-19 ,vaksin covid

Legislator Gumas optimis target 70 persen vaksinasi tercapai

Legislator Kabupaten Gumas Riantoe. (ANTARA/Chandra)

Kuala Kurun (ANTARA) - Legislator Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Riantoe optimis target 70 persen orang warga setempat sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19 pada akhir Desember 2021 bisa tercapai.

“Saat ini tenaga kesehatan dengan didukung berbagai pihak terus melakukan pelayanan vaksinasi COVID-19. Saya optimis target 70 persen dapat tercapai pada akhir tahun 2021 nanti,” ucapnya saat dihubungi dari Kuala Kurun, Kamis.

Politisi Partai NasDem ini mengaku sempat meninjau pelaksanaan vaksinasi di wilayah Kecamatan Rungan. Dia melihat sendiri pelaksanaan vaksinasi dilakukan langsung ke desa-desa di kecamatan setempat.

Selama pelaksanaan vaksinasi di desa-desa di wilayah Kecamatan Rungan, tutur dia, seluruh pemangku kepentingan seperti pemerintah desa, TNI dan Polri, turut mengajak masyarakat agar tidak ragu mengikuti vaksinasi.

Baca juga: Pekarangan Pangan Lestari sasar delapan lokasi di Gumas

“Bahkan saya lihat ada pelaksanaan vaksinasi yang sampai malam. Jika pola seperti ini terus digencarkan, saya optimis target 70 persen dapat tercapai pada akhir Desember 2021 nanti,” bebernya.

Lebih lanjut, Riantoe mengapresiasi tenaga kesehatan dan para pemangku kepentingan lainnya yang terus bekerja keras melakukan vaksinasi kepada masyarakat, demi terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok.

Wakil rakyat dari daerah pemilihan II yang meliputi Kecamatan Rungan Hulu, Rungan, Rungan Barat, Manuhing, dan Manuhing Raya ini mengimbau masyarakat agar tidak ragu mengikuti vaksinasi, karena vaksin sudah terbukti aman dan dinyatakan halal.

Sebelumnya, Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Gumas Evelnie mengatakan target vaksinasi di kabupaten setempat berjumlah 101.495 orang. Per 30 November 2021, capaian vaksinasi dosis pertama berjumlah 55.186 orang atau 54,37 persen dan dosis kedua berjumlah 30.419 orang atau 29,97 persen.

Capaian tersebut, sambung dia, berasal dari 12 kecamatan yang ada di Gumas. Dari 12 kecamatan, capaian vaksinasi di enam kecamatan telah melebihi 50 persen ke atas dan sisanya masih di bawah 50 persen.

Dikatakan olehnya, pelaksanaan vaksinasi akan terus digencarkan di wilayah setempat. Dinkes melalui pusat kesehatan masyarakat akan terus melakukan pelayanan vaksinasi ke desa-desa dan beberapa cara lainnya.

“Targetnya akhir Desember 2021 nanti capaian vaksinasi bisa menyentuh angka 70 persen,” demikian Evelnie.

Baca juga: Pemkab Gumas berupaya optimalkan e-Database pada SIPD

Baca juga: Capaian vaksinasi COVID-19 di Gumas sentuh 54 persen

Baca juga: Vaksinasi COVID-19 di Gumas telah mencapai 52 persen

Pewarta :
Uploader : Admin Kalteng
COPYRIGHT © ANTARA 2021