Vaksinasi COVID-19 di Gumas telah mencapai 52 persen

id Vaksinasi COVID-19 di Gumas telah mencapai 52 persen, Kalteng, Gumas, gunung mas

Vaksinasi COVID-19 di Gumas telah mencapai 52 persen

Sekretaris Daerah Gunung Mas Yansiterson menyampaikan sambutan saat pembukaan Muscab I SAPMA Pemuda Pancasila kabupaten, di Kuala Kurun, Sabtu (27/11/2021). ANTARA/Chandra

Kuala Kurun (ANTARA) - Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah, Yansiterson mengatakan bahwa capaian vaksinasi COVID-19 di wilayah setempat untuk dosis pertama telah mencapai 52 persen .

“Gumas memiliki target vaksinasi 101.495 orang,” ucapnya saat membuka Musyawarah Cabang I Satuan Siswa, Pelajar, dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila Gumas di Kuala Kurun, Sabtu.

Berdasarkan data hingga 26 November 2021, tutur dia, capaian vaksinasi dosis pertama berjumlah 52.824 orang atau 52,05 persen dan capaian dosis kedua berjumlah 28.712 atau 28,29 persen.

Dari 12 kecamatan yang ada di kabupaten bermoto ‘Habangkalan Penyang Karuhei Tatau’, untuk dosis pertama sebagian kecamatan telah mencapai 50 persen ke atas dan sebagian lagi belum mencapai 50 persen.

Kecamatan yang telah mencapai 50 persen ke atas yakni Manuhing, Sepang, Mihing Raya, Kurun, Damang Batu, dan Rungan Barat. Sedangkan yang belum mencapai 50 persen ke atas adalah Rungan, Rungan Hulu, Miri Manasa, Kahayan Hulu Utara, Manuhing Raya, dan Tewah.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Gumas dibantu berbagai pihak terkait lainnya terus berupaya mempercepat vaksinasi di wilayah setempat. Salah satunya dengan menugaskan seluruh perangkat daerah mendampingi pelaksanaan vaksinasi di seluruh kecamatan.

Baca juga: SAPMA Pemuda Pancasila Gumas berkomitmen dukung pembangunan daerah

Dikatakan olehnya, ditargetkan nantinya pada akhir tahun 2021 capaian vaksinasi di Gumas bisa mencapai di atas 70 persen. Oleh sebab itu, perlu kerja keras dan dukungan dari seluruh pihak agar target tersebut dapat tercapai.

“Saya harap SAPMA Pemuda Pancasila Gumas juga bisa berkontribusi terhadap akselerasi vaksinasi dengan memberi pengertian kepada masyarakat bahwa vaksin sudah terbukti aman dan dinyatakan halal,” paparnya.

Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Gumas Andika Saputra mengatakan pihaknya turut memberi perhatian serius terhadap pandemi COVID-19 dan mendukung penuh program percepatan vaksinasi di wilayah setempat.

“Kami bersyukur, anggota dan pengurus SAPMA Pemuda Pancasila Gumas semua sudah mengikuti vaksinasi,” kata Andika yang terpilih secara aklamasi sebagai Ketua SAPMA Pemuda Pancasila Gumas.

Baca juga: DPMD Gumas ingatkan penyusunan RPJMDesa harus selaras dengan RPJMD