Fraksi Golkar ungkap pergantian pimpinan komisi di DPRD Kalteng

id Wakil Ketua Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kalimantan Tengah, Siti Nafsiah, DPRD Kalimantan Tengah, DPRD Kalteng, Kalimantan Tengah, Kalteng, Ketua

Fraksi Golkar ungkap pergantian pimpinan komisi di DPRD Kalteng

Anggota DPRD Kalimantan Tengah Siti Nafsiah. ANTARA/Jaya Wirawana Manurung

Palangka Raya (ANTARA) - Wakil Ketua Fraksi Partai Golongan Karya DPRD Kalimantan Tengah Siti Nafsiah mengungkap dan menyampaikan hasil perubahan atau pergantian struktur dan personalia alat kelengkapan dewan, khususnya komisi I, II, III dan IV, yang telah dilakukan pihaknya beberapa waktu lalu, namun tak kunjung ditetapkan.

"Saya ditugaskan Ketua Fraksi Golkar menyampaikan hasil perubahan AKD di DPRD Kalteng. Di mana Ketua Komisi I DPRD Kalteng tetap dijabat Freddy Ering, Ketua Komisi II Achmad Rasyid, Ketua Komisi III Siti Nafsiah, dan Ketua Komisi IV Sriosako," kata Nafsiah kepada wartawan melalui pesan singkat kepada sejumlah wartawan di Palangka Raya, Selasa.

Dia menyebut, seluruh anggota DPRD Kalteng tergabung di Komisi I, sepakat untuk tetap mempercayakan Freddy Ering dari Fraksi PDIP sebagai Ketua dan diberi amanat menunjuk langsung siapa menjadi Wakil Ketua dan Sekretaris. Untuk jabatan Ketua Komisi II disepakati Achmad Rasyid dari Fraksi Gerindra, Wakil Ketua Sudarsono dari Fraksi Golkar, dan sekretaris dari Fraksi Gabungan.

Sementara untuk jabatan Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siti Nafsiah dari Fraksi Partai Golkar, Wakil Ketua Siswandi dari Fraksi Demokrat, dan Sekretaris Niksen S Bahat dari Fraksi Nasdem. Kemudian, Ketua Komisi IV dijabat Sriosako dari Fraksi Demokrat, Wakil Ketua Henry dari Fraksi Nasdem, dan Sekretaris Tomy Irawan Diran dari Fraksi Gabungan.

"Pergantian ini wajar dan sudah diamanatkan dalam Tata Tertib DPRD Kalteng. Di mana setelah masa 2,5 tahun, wajib dilakukan pergantian AKD, baik komisi-komisi maupun Badan-badan, yakni Badan anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Pembentukan Peratuan Daerah (Bapemperda) dan Badan Kehormatan (BK)," beber dia.

Wakil rakyat Kalteng dari daerah pemilihan I meliputi Kota Palangka Raya, Kabupaten Katingan dan Gunung Mas itu mengatakan, sekarang ini yang baru selesai di tingkat komisi-komisi. Sedangkan untuk Ketua Banggar dan Banmus tidak perlu dilakukan pemilihan karena merangkap dijabat oleh Ketua DPRD Kalteng.

"Yang belum dilakukan pemilihan kembali yakni Bapemperda dan Badan kehormatan. Tapi fraksi-fraksi sudah mengirimkan perwakilan masing-masing untuk duduk di kedua Badan tersebut. Insya Allah pemilihan akan dilakukan setelah anggota DPRD menjalani reses," ungkap Nafsiah.

Dirinya mengakui bahwa Fraksi Golkar bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada fraksi2 pendukung lainnya, karena telah memberi kepercayaan kepada pihaknya untuk menjabat Ketua Komisi III dan Wakil Ketua Komisi II. Sebab, tanpa dukungan dari fraksi-fraksi lain, jabatan pimpinan di dua komisi tersebut tidak akan terwujud.

"Kedepan, kami berharap rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang telah dipupuk selama ini, bisa terus dijalankan secara baik untuk bersama-sama mengemban amanat masyarakat Kalteng," demikian Nafsiah.

Baca juga: Sempurnakan draf raperda, DPRD Kalteng kaji banding ke luar daerah

Baca juga: Provinsi ini perlu memiliki LP khusus anak, kata Legislator Kalteng