Pantai Ujung Pandaran semakin dilirik investor

id Pantai Ujung Pandaran semakin dilirik investor, kalteng, Sampit, kotim, bupati kotim, Halikinnor, Fajrurrahman

Pantai Ujung Pandaran semakin dilirik investor

Bupati Halikinnor dan Sekretaris Daerah Fajrurrahman berbincang dengan rombongan wisatawan asal Palangka Raya yang sedang berwisata di Pantai Ujung Pandaran, Sabtu (12/3/2022). ANTARA/Norjani

Palangka Raya  (ANTARA) - Objek wisata andalan Kabupaten Kotawaringin Timur Kalimantan Tengah semakin dilirik investor karena dinilai akan terus berkembang sehingga sangat potensial menjadi untuk dijadikan berbagai tempat usaha. 

"Baru saja ada pengusaha yang berminat membangun semacam anjungan menjorok ke arah laut, kemudian di sana akan dibuat semacam restoran dan fasilitas lainnya. Saya persilakan saja mereka survei dulu," kata Bupati Halikinnor di Sampit, Minggu. 

Halikinnor mengakui, Pantai Ujung Pandaran dinilai sangat strategis dan akan terus dikembangkan. Pengembangan objek wisata yang berjarak sekitar 85 kilometer dari Sampit Ibu Kota Kabupaten Kotawaringin Timur itu juga akan didukung oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah. 

Pantai Ujung Pandaran yang menyuguhkan pemandangan alam yang indah serta terdapat pula objek wisata religi yakni makam seorang ulama, kini semakin banyak dikunjungi wisatawan lokal dan luar daerah, bahkan dari provinsi tetangga yaitu Kalimantan Selatan. 

Saat mengikuti Touring Jurnalistik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotawaringin Timur pada Sabtu (12/3), Halikinnor bersama Sekretaris Daerah Fajrurrahman juga sempat berbincang dengan sejumlah wisatawan untuk meminta tanggapan serta masukan untuk peningkatan pelayanan di objek wisata tersebut. 

Pengembangan destinasi wisata itu diharapkan dapat menumbuhkan ekonomi serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Harapan itu mulai terwujud dengan banyaknya pengusaha membangun penginapan serta munculnya berbagai jenis usaha baru bagi warga setempat. 

Baca juga: Touring Jurnalistik PWI Kotim sambil promosikan pariwisata

"Pemerintah daerah berkomitmen untuk terus mengembangkan objek wisata Pantai Ujung Pandaran ini. Pak Gubernur juga mendorong dan siap membantu pengembangan objek wisata ini," kata Halikinnor. 

Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Tengah Nuryakin yang sedang berkunjung ke Pantai Ujung Pandaran juga menyampaikan komitmen pemerintah provinsi untuk mendukung pengembangan objek wisata tersebut. 

"Pantai Ujung Pandaran ini memang strategis untuk dikembangkan. Pantai ini menjadi salah satu andalan destinasi wisata di Kalimantan Tengah," ujar Nuryakin.

Sementara itu Ina, salah seorang wisatawan asal Palangka Raya mengaku sudah tiga kali berwisata ke Pantai Ujung Pandaran. Dia mengaku senang karena pemandangannya bagus dan fasilitasnya semakin banyak. 

"Yang penting kebersihan pantainya harus selalu dijaga supaya nyaman menjadi tempat berwisata. Akan lebih bagus lagi kalau fasilitasnya terus dilengkapi sehingga tempat ini semakin menarik," demikian Ina. 

Baca juga: Memei resmi duduki kursi anggota DPRD Kotim

Baca juga: Pemkab Kotim apresiasi sinergi Timpora optimalkan pengawasan orang asing

Baca juga: DPRD Kotim berharap keterlambatan gaji guru tidak terulang