Pengunjung membludak, pondok perlu ditambah di Danum Bahandang

id Danum Bahandang, Kalimantan Tengah, Kalteng, Palangka Raya, wisata, objek wisata, Idul Fitri

Pengunjung membludak, pondok perlu ditambah di Danum Bahandang

Suasana objek wisata Danum Bahandang Kota Palangka Raya H+2 Idul Fitri, Selasa (3/5/2022). ANTARA/Jaya W Manurung.

Palangka Raya (ANTARA) - Sebagian kendaraan roda empat yang akan berkunjung ke objek wisata Danum Bahandang  di Kecamatan Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, terpaksa putar balik atau batal berkunjung akibat membludaknya pengunjung di H+2 Hari Raya Idul Fitri.

"Hari ini memang pengunjung sangat ramai. Kami perkirakan jumlahnya mencapai ribuan orang. Tempat parkir kendaraan roda empat memang sampai penuh," kata Erick selaku salah seorang pengelola Danum Bahandang, Selasa.

Walau pengunjung membludak, namun pihak pengelola wisata air dan alam ini tidak menaikkan biaya masuk atau tetap seperti biasanya. Di mana tiap orang, baik anak-anak maupun dewasa dikenakan Rp5.000 per orang, sedangkan parkir roda dua Rp3 ribu dan roda empat Rp5 ribu.

Salah seorang pengunjung Danau Bahandang Al Sunandar mengaku senang harga makanan di sekitar objek wisata ini relatif  standar atau tidak terlalu terlalu mahal sekalipun pengunjungnya sangat banyak.

"Tapi yang perlu ditambah itu pondoknya. Terlalu sedikit, jadinya pengunjung tak bisa dapatkan pondok dan harus berdiri," ucapnya.

Warga Jalan Batu Sulit ini mengatakan dirinya bersama keluarga berkunjung ke wisata air dan alam, setelah selesai keliling bersilahturahmi ke tempat sanak famili. Sebab, dua tahun terakhir ini tidak bisa berlibur dan berkunjung ke tempat wisata saat hari raya Idul Fitri akibat pandemi COVID-19.
Warga Kota Palangka Raya ramai berkunjung ke tempat wisata Danum Bahandang saat  Lebaran, Selasa (3/5/2022). ANTARA/Jaya W Manurung.

"Ada kerinduan juga bisa berkumpul bersama keluarga dan mendatangi tempat wisata saat Idul Fitri. Makanya, begitu tempat wisata dibuka, kami langsung berkunjung ke sini," kata Al.

Hal senada juga diucapkan oleh Anora yang sedang berkunjung ke Danau Bahandang. Dia mengatakan, objek wisata ini sudah lama ingin dikunjungi karena selain menikmati alam, juga bisa menikmati air sungai yang dingin.

"Harinya kan panas ya, jadi enak ke sini. Jaraknya memang jauh dari rumah, tapi ya tidak apa-apa. Lagian kan masih libur Idul Fitri dan bisa sembari berkumpul bersama keluarga," kata Anora warga Jalan Yos Sudarso ini.