DPRD Barsel dukung optimalisasi potensi pariwisata daerah

id Dprd barito selatan, ketua komisi III DPRD Barsel hermanes, pariwisata barito selatan, buntok, kebudayaan, seni, kalteng, ekosistem air hitam, wisata

DPRD Barsel dukung optimalisasi potensi pariwisata daerah

Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah mendukung langkah dinas terkait yang akan mengoptimalkan potensi pariwisata yang tersebar di enam kecamatan di daerah tersebut.
 
Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes dihubungi dari Buntok, Rabu, mengatakan, potensi pariwisata yang ada di sejumlah kecamatan perlu digali kembali.
 
"Hal itu dilakukan dalam upaya mengembangkan sektor pariwisata yang ada di kabupaten ini," katanya.
 
Ia mengatakan, beberapa waktu lalu, anggota DPRD bersama dinas terkait juga telah melaksanakan kunjungan ke sejumlah tempat yang potensial untuk wisata di wilayah Kecamatan Jenamas dan di Kecamatan Dusun Hilir.
 
"Adapun beberapa tempat potensi wisata yang kami kunjungi yakni pusat kerajinan masyarakat berbahan baku eceng gondok di Kelurahan Rantau Kujang, Kecamatan Jenamas," terang politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Baca juga: Pj Bupati: Tiga instruksi Gubernur harus dilaksanakan di Barsel
 
Kemudian mereka juga mengunjungi pusat pengembangan peternakan kerbau rawa di Desa Tampulang yang juga berada di Kecamatan Jenamas. Sedangkan potensi wisata yang dikunjungi di Kecamatan Dusun Hilir yakni di kawasan ekosistem air hitam yang berada di Desa Muara Puning, Desa Batilap dan Desa Batampang.
 
"Potensi wisata kerbau rawa yang ada di Desa Tampulang dan wisata ekosistem air hitam, kedua destinasi wisata tersebut tidak terdapat di daerah lain di Indonesia," tegas Hermanes.
 
Untuk itu, masyarakat patut berbangga dengan potensi alam yang ada dan mendukung kebijakan yang dilakukan Disporabudpar Barito Selatan ini.
 
"Kami meminta semua pemangku kepentingan di Barito Selatan agar ikut membantu mengembangkan potensi wisata di daerah ini, sebab potensi wisata kita tidak kalah dengan daerah lainnya," ucap dia.
 
Ia juga menyarankan, agar pemerintah kabupaten setempat terus mempromosikan potensi seni dan budaya daerah agar bisa semakin dikenal masyarakat secara luas.
 
Dengan demikian, bisa menarik wisatawan domestik maupun mancanegara ke kabupaten berjuluk Dahani Dahanai Tuntung Tulus ini, sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah.

Baca juga: Gubernur minta Penjabat Bupati Kobar dan Barsel pacu PAD

Baca juga: Ketua Bapemperda minta TAPD jadwalkan pengajuan raperda prioritas

Baca juga: Ketua Bapemperda minta TAPD jadwalkan pengajuan raperda prioritas