DPRD Barsel minta data penerima bantuan sosial harus diselaraskan

id Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Jarliansyah, DPRD Barito Selatan, DPRD Barsel, Kabupaten Barito Selatan, Barsel, Kalteng

DPRD Barsel minta data penerima bantuan sosial harus diselaraskan

Suasana Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara komisi I dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Barito Selatan, di Buntok, Jumat, (3/6). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Ketua Komisi I DPRD Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Jarliansyah mengingatkan sekaligus meminta pemerintah setempat agar data penerima bantuan sosial di wilayah setempat dapat disinkronkan atau diselaraskan.

Permintaan itu karena selama ini data penerima bantuan sosial dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) maupun pusat masih belum sinkron, kata Jarliansyah usai memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) di Buntok, Jumat.

"Akibat belum sinkronnya data penerima bantuan sosial yang terjadi selama beberapa tahun ini, menyebabkan data menjadi tidak akurat lagi," ucapnya.

Legislator Barsel itu pun berharap, DSPMD dapat membentuk tim melakukan pendataan guna memperbaharui kembali data tersebut supaya tidak terjadi permasalahan dalam penyaluran bantuan sosial kedepannya.

Menurut dia, keakuratan data ini sangat penting, sebab, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perumahan, Pemukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Barito Selatan yang menyebutkan data tersebut juga digunakan mereka untuk penyaluran bantuan rumah tidak layak huni.

"Dengan akuratnya data, maka penyaluran bantuan sosial bagi penerima manfaat bisa sesuai dan tepat sasaran," ucap politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan itu.

Selain itu, ia juga menyampaikan, berdasarkan hasil kesepakatan, DSPMD akan mengirimkan surat terkait penyampaian data hasil pembaharuan nantinya ke Kementerian Sosial Republik Indonesia.

"Apabila ada surat balasannya, maka komisi I akan mendampingi DSPMD Barito Selatan menyampaikan data penerima bantuan sosial hasil pemutakhiran tersebut secara langsung ke Kementerian Sosial Republik Indonesia," tambah dia.

Baca juga: DPRD Barsel laksanakan konsultasi persiapan penyusunan KUA PPAS

Hal itu mengingat, data hasil pembaharuan terkait hal itu sebelumnya sudah dikirimkan ke pusat, namun data penerima bantuan sosial yang muncul di pusat tetap data lama yang belum diperbaharui.

Acara Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang berlangsung di ruang rapat gabungan komisi tersebut dihadiri sejumlah anggota DPRD dan jajaran DSPMD Barito Selatan.

Baca juga: DPRD Barsel harapkan BPD dan kepala desa terus bersinergi

Baca juga: DPRD Barsel dukung optimalisasi potensi pariwisata daerah