Pj Bupati tegaskan Barsel siap dukung penuh pelaksanaan pemilu 2024

id tahapan pemilu 2024, pemilu 2024 di barsel, Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana, Barito Selatan, Kabupaten Barito Selata

Pj Bupati tegaskan Barsel siap dukung penuh pelaksanaan pemilu 2024

Penjabat Bupati Barito Selatan, Lisda Arriyana berfoto bersama dengan ketua Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Ketua KPU Barito Selatan, serta sejumlah pengurus partai politik di wilayah setempat, Selasa malam (14/6). ANTARA/Bayu Ilmiawan.

Buntok, Kalteng (ANTARA) - Penjabat Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Lisda Arriyana menyatakan bahwa Forum Koordinasi Pimpinan Daerah bersama seluruh satuan organisasi perangkat daerah di kabupaten setempat, akan mendukung penuh pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024.

"Pelaksanaan pemilu 2024 yang tahapannya sudah mulai diluncurkan pada hari ini, harapannya dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses serta menghasilkan pemilu yang berkualitas," kata Lisda usai menghadiri nonton bareng pelaksanaan peluncuran tahapan pemilu 2024, di Buntok, Selasa malam.

Dia pun meminta kepada seluruh masyarakat Barito Selatan, agar mendukung dan ikut serta berpartisipasi dalam menyukseskan pelaksanaan pemilu 2024 mendatang. Dan, kepada penyelenggara, dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barito Selatan, diharapkan dapat terus menyosialisasikan tahapan pemilu ini.

"Tahapan ini merupakan hal baru bagi masyarakat, sehingga sosialisasi sangat perlu terus digencarkan, sehingga pelaksanaannya bisa berjalan sesuai target dan harapan bersama," kata Lisda.

Sementara Ketua KPU Barito Selatan, Bahruddin mengatakan, setelah diluncurkannya tahapan ini, diharapkan seluruh pihak khususnya insan pers dapat memberikan sosialisasi seluas-luasnya kepada masyarakat bahwa saat ini sudah dimulai tahapan pemilu 2024.

"Kami juga mengharapkan dukungan semua pihak terkait apa yang akan kita laksanakan kedepannya," kata Bahruddin.

Ia menerangkan, KPU Barito Selatan mulai saat ini hingga satu bulan ke depan akan bergandengan tangan dengan partai politik untuk bersama-sama dalam pendaftaran dan verifikasi partai politik.

Menurut dia, walaupun pendaftaran dan verifikasi partai politik itu berada di pusat, namun pihaknya akan tetap melakukan pendampingan-pendampingan kepada partai politik yang ada di Barito Selatan ini.

Selanjutnya kata Bahruddin, pada Oktober 2022 nanti, pihaknya juga akan melaksanakan tahapan pencocokan serta penelitian daftar pemilih dan sebelumnya akan dilakukan perekrutan badan ad-hoc dari tingkat kecamatan sampai ke tingkat Kelurahan/desa.

"Kita sangat memerlukan dukungan pemerintah daerah dari tingkat kabupaten, kecamatan hingga kelurahan dan desa dalam tahapan yang akan dilaksanakan pada 2022 ini," kata dia.

Sedangkan Kapolres Barito Selatan, AKBP Yusfandi Usman menyampaikan, sejak dimulainya tahapan ini, pihaknya telah menurunkan 1/3 kekuatan dari jumlah personel Polres.

"Tujuannya untuk menjaga, mengawal, dan mengamankan seluruh tahapan dari hari ini sampai dengan dilantiknya calon yang akan ditetapkan dari hasil pemilihan umum mendatang," terangnya.

Ia juga mengingatkan kepada rekan-rekan media dan penggiat media sosial yang ada di Barito Selatan ini supaya memberitakan berita yang sejuk.

"Kita tidak perlu mencari seperti istilah bad news is good news atau memberitakan dari sisi buruk, dan melupakan pemberitaan dari sisi baik, dan kapan perlu good news terus atau memberitakan yang baik dan sejuk terkait tahapan maupun pelaksanaan pemilu," harapnya.

Baca juga: Berikut jadwal lengkap tahapan Pemilu 2024 yang resmi diundangkan jadi PKPU

Menurut Yusfandi Usman, perlu juga diingat bahwa 14 Februari merupakan hari kasih sayang dan pada tanggal tersebut juga dilaksanakan pesta demokrasi.

"Yang namanya pesta semuanya harus senang-senang dan tidak perlu ada rusuh atau keributan khususnya di Barito Selatan ini," pinta dia.

Ia juga mengimbau kepada seluruh masyarakat di wilayah setempat supaya bersama-sama berperan serta menjaga tahapan-tahapan pemilu ini sampai selesai, sehingga Barito Selatan tetap sehat, sejuk dan aman.

Acara nonton bareng peluncuran tahapan pemilu 2024 tersebut dihadiri sejumlah pengurus partai politik di wilayah setempat.

Baca juga: Bawaslu dan KPU sepakat penyelesaian sengketa pemilu 2024 10 hari

Baca juga: Berikut jadwal lengkap tahapan Pemilu 2024 yang resmi diundangkan jadi PKPU

Baca juga: Tahapan pemilu 2024 dimulai, komisioner Bawaslu diminta jaga integritas