Bupati harapkan penambahan kuota haji untuk Sukamara

id Pemkab sukamara, bupati sukamara, windu subagio, haji sukamara, tanah suci mekkah, kalteng

Bupati harapkan penambahan kuota haji untuk Sukamara

Bupati Sukamara Windu Subagio bersama calon haji sebelum berangkat ke tanah suci Mekkah di halaman Masjid Agung Sukamara, Kamis, (16/06/2022). (ANTARA/Lalang)

Sukamara (ANTARA) -
Bupati Sukamara, Kalimantan Tengah Windu Subagio mengatakan, daftar tunggu haji dari wilayah setempat mencapai 993 orang dan 8 orang calon haji yang masuk dalam daftar keberangkatan untuk ibadah ke tanah suci Mekkah.
 
“Dengan banyaknya daftar tunggu untuk Sukamara, tentu ini akan memakan waktu yang sangat lama apabila hanya terus mendapat kuota sebanyak 8 orang saja,” ucap Windu saat melepas keberangkatan calon haji di depan Masjid Agung Sukamara, Kamis.
 
Oleh karena itu, dia berharap Kementerian Agama Sukamara dapat membantu memperjuangkan untuk penambahan kuota tersebut. Jumlah kuota tahun ini memang lebih sedikit dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.
 
"Karena itu, harapan terbesar kita tahun depan bisa mendapatkan kuota sebanyak 50 orang calon haji yang akan diberangkatkan,” terangnya.

Baca juga: Pemkab Sukamara komitmen tingkatkan budaya berinovasi di semua sektor
 
Ia menjelaskan, memang dapat dimaklumi bahwa hal serupa juga terjadi untuk wilayah lainnya di Indonesia. Namun, pihaknya tetap akan berupaya membantu dalam penambahan kuota tersebut ke depannya.
 
“Kita berharap ke depan ada perubahan untuk kuota ini, sehingga ada peningkatan jumlah yang diterima. Selain itu, saya juga mengingatkan kepada calon haji yang berangkat agar pelaksanaan haji dilakukan dengan keikhlasan dan sepenuh hati. Semoga menjadi haji yang mabrur,” harapnya.
 
Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Sukamara Misbah menerangkan, tahun ini calon haji yang berangkat di Indonesia hanya 151 ribu orang saja. Sedangkan, apabila dalam kondisi normal sebanyak 220 ribu orang calon haji. 
 
"Karena itu, kita harapakan tahun depan ada penambahan kuota yang diberikan Pemerintah Arab Saudi kepada Indonesia, sehingga jumlah calon haji yang berangkat dari Sukamara juga dapat bertambah,” demikian Misbah.

Baca juga: Angka kriminalitas rendah, Sukamara tetap rawan jalur peredaran narkoba

Baca juga: Wabup Sukamara ajak perkuat kerja sama meningkatkan kesejahteraan masyarakat