Dekranasda berkomitmen optimalkan pembinaan dan pelatihan perajin Kalteng

id Pemprov kalteng, dekranasda, ketua dekranasda kalteng yulistra ivo sugianto sabran, kerajinan, perajin kalteng, ikm, industri kecil menengah, kalteng

Dekranasda berkomitmen optimalkan pembinaan dan pelatihan perajin Kalteng

Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran. (ANTARA/Ho-Diskominfosantik Kalteng)

Palangka Raya (ANTARA) -
Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah berkomitmen ke depan akan terus mengoptimalkan pembinaan dan pelatihan terhadap para perajin di wilayah setempat.
 
"Seperti yang disampaikan Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin, supaya produk-produk kita kualitasnya meningkat sehingga memiliki nilai dan juga berdaya saing," kata Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran di Palangka Raya, Jumat.
 
Melalui pembinaan dan pelatihan yang diprogramkan serta dioptimalkan, Dekranasda ingin agar produk-produk yang dihasilkan para perajin di Kalteng tidak hanya mampu bersaing di tingkat regional Kalimantan, nasional, namun juga hingga ke internasional.
 
Pembinaan dan pelatihan ini, terus dilakukan berkelanjutan secara merata, yakni menjangkau hingga berbagai daerah di Kalteng. Selain itu pihaknya juga mulai mengidentifikasi potensi unggulan.
 
"Indentifikasi sudah kita lakukan dari tahun lalu, identifikasi secara bertahap di 14 kabupaten/kota mulai dari wilayah terdekat," terangnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng seleksi tenaga kontrak dengan kuota 300 orang
 
Adapun potensi unggulan di wilayah Kalteng sangat beragam, di antaranya seperti getah nyatu yang dibuat menjadi kerajinan cenderamata, hingga ragam kerajinan berbahan rotan yang kini sudah mulai dikembangkan menjadi produk menarik, seperti tas dengan gaya modern, serta lainnya.
 
Sebelumnya saat melantik Ketua Dekranasda Kalteng Yulistra Ivo, Ketua Umum Dekranas Wury Ma'ruf Amin dalam arahannya berharap agar Ivo dapat memimpin, menyatukan pemahaman dan langkah para pengurus.
 
"Semoga kita selalu diberikan kesehatan dan kekuatan untuk terus membangun negeri ini melalui pelestarian dan pengembangan produk kerajinan berbasis sumber daya alam, tradisi serta warisan budaya bangsa Indonesia yang sama-sama kita banggakan," tuturnya.
 
Dia ingin peran Dekranasda lebih ditingkatkan dalam hal pembinaan dan penguatan industri kecil menengah kerajinan, utamanya dengan melakukan kurasi produk-produk yang harus dibina berjenjang. Hal tersebut untuk mendukung kampanye penggunaan produk dalam negeri melalui gerakan nasional bangga buatan Indonesia.
 
Sementara itu, terbaru pengurus Dekranasda Kalteng periode 2021-2024 baru saja dilantik. Diharapkan jajaran pengurus baru ini bekerja secara optimal dan membantu meningkatkan perkembangan para perajin maupun jangkauan pasar produk dari Kalteng.
 
Selain Ivo Sugianto Sabran sebagai Ketua, menjabat sebagai Ketua Harian Aster Bonawaty, kemudian Nunu Andriani Edy Pratowo sebagai Wakil Ketua Harian 1, Norhani Wakil Ketua Harian 2, Anitha Nuryakin Wakil Ketua Harian 3, serta lainnya.

Baca juga: Pemprov Kalteng laksanakan sejumlah kebijakan sukseskan Reforma Agraria

Baca juga: Disdagperin Kalteng: SIINas mempermudah akses industri dalam negeri

Baca juga: Disdik Kalteng bantu pembiayaan PPDB daring untuk 75 sekolah