Keberadaan Bunda Literasi diharap tingkatkan minat baca masyarakat Gumas

id Pemkab gunung mas, bunda literasi gunung mas, mimie mariatie jaya s monong, gerakan literasi, budaya literasi, gemar membaca, kuala kurun, gunung mas

Keberadaan Bunda Literasi diharap tingkatkan minat baca masyarakat Gumas

Bupati Gunung Mas Jaya S Monong mengukuhkan Mimie Mariatie Jaya S Monong sebagai Bunda Literasi di Kuala Kurun, Jumat, (24/6/2022). (ANTARA/HO-Diskominfosantik Gunung Mas)

Kuala Kurun (ANTARA) -
Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya S Monong berharap Bunda Literasi memberikan arahan, motivasi, serta mendorong peningkatan minat serta kegemaran budaya membaca.
 
Dengan demikian diharapkan terwujud figur literasi yang berperan sebagai garda terdepan untuk menghidupkan budaya literasi di lingkungan keluarga, pendidikan maupun masyarakat, ucapnya saat mengukuhkan Mimie Mariatie Jaya S Monong sebagai Bunda Literasi Gunung Mas di Kuala Kurun, Jumat.
 
“Dari situ diharapkan tercipta generasi yang cerdas, kreatif dan inovatif untuk mewujudkan smart human resources atau sumber daya manusia unggul dan berkualitas,” sambungnya.
 
Dikatakan olehnya, Bunda Literasi mempunyai sejumlah tugas, di antaranya mengampanyekan gerakan nasional gemar membaca di berbagai kalangan melalui berbagai media yang ada di Gunung Mas.
 
Kemudian sebagai figur atau contoh pembudayaan kegemaran membaca, berperan aktif menyukseskan program daerah dalam menumbuhkan dan mengembangkan kegemaran membaca masyarakat melalui kegiatan pembudayaan membaca.

Baca juga: Gunung Mas targetkan raih empat emas pada Popprov
 
Lalu, mendorong Tim Penggerak PKK dan Dharma Wanita kabupaten aktif melakukan sosialisasi pembudayaan kegemaran membaca di berbagai lingkungan, hingga menjadi model dalam media promosi terkait pembudayaan kegemaran membaca.
 
Selanjutnya sebagai pembicara atau narasumber dalam berbagai kegiatan pertemuan atau promosi, baik dalam bentuk seminar, diskusi, serta loka karya yang berkaitan dengan peningkatan kegemaran budaya membaca masyarakat.
 
“Tugas lainnya adalah memberi masukan, dorongan dan pertimbangan dalam program atau kegiatan pembudayaan kegemaran membaca, baik terhadap orang tua, satuan pendidikan dan masyarakat, untuk berpartisipasi terhadap pembudayaan masyarakat literasi,” paparnya.
 
Sementara itu, Bunda Literasi Gunung Mas Mimie Mariatie Jaya S Monong menyambut baik pengukuhan ini. Pengukuhan merupakan langkah awal terbangunnya sinergi seluruh pihak dalam rangka menumbuhkembangkan semangat literasi masyarakat.
 
Mimie yang juga merupakan Ketua TP PKK Gunung Mas berharap ke depan tercipta sinergi yang senantiasa berkelanjutan, antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Gunung Mas dengan TP PKK, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, hingga desa dan kelurahan.
 
“Melalui kesempatan yang baik ini pula saya mengajak rekan-rekan TP PKK kecamatan, desa dan kelurahan untuk turut berpartisipasi aktif meningkatkan minat baca anak sekolah, juga minat berliterasi ke masyarakat luas,” demikian Mimie.

Baca juga: Bupati Gunung Mas ingin lagu mars BNN rutin diputar di sekolah

Baca juga: Bupati optimistis perekonomian Gunung Mas semakin bergeliat