Jelang Idul Adha, Pemprov Kalteng salurkan 61 ekor sapi di Barito Utara

id Pemprov Kalteng salurkan 61 ekor sapi di Barito Utara, bantuan hewan kurban dari pemprov Kalteng, Kalteng, Kalimantan Tengah, hewan kurban, Kepala PUP

Jelang Idul Adha, Pemprov Kalteng salurkan 61 ekor sapi di Barito Utara

Kepala PUPR Kalteng Shalahuddin (kanan) saat menyerahkan hewan kurban jenis sapi limosin kepada Bupati Barito Utara Nadalsyah disaksikan Kepala Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi di Muara Teweh, Jumat (8/7/2022). ANTARA/HO-Diskominfosantik Kalteng.

Muara Teweh (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah menyalurkan bantuan hewan kurban yang terdiri dari 60 ekor sapi plus dan satu sapi limosin kepada masjid, mushalla maupun pondok pesantren di Kabupaten Barito Utara.

Penyaluran bantuan hewan kurban yang merupakan instruksi langsung dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran itu, diwakili oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kalteng Shalahuddin bersama Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng Agus Siswadi, dan diterima secara simbolis oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah di Masjid Jami Abdurrahim Jalan Pangeran Antasari, Muara Teweh, Jumat.

"Dengan adanya hewan kurban ini, harapannya bisa membantu masyarakat ikut merasakan kebahagiaan secara bersama-sama di Hari Raya Idul Adha 1443 H/2022 M," kata Kepala PUPR Kalteng Shalahuddin saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng di sela-sela penyerahan secara simbolis.

Gubernur Kalteng pun berpesan kepada para panitia yang menerima bantuan hewan kurban ini, diharapkan tetap memperhatikan prosedur penyembelihan dan pembagian serta pengemasan daging kurban.

"Untuk pengemasan, dianjurkan menggunakan daun atau plastik bening. Itu lebih aman daripada plastik daur ulang yang berwarna gelap," kata Shalahuddin.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Barito Utara Nadalsyah mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalteng dan jajarannya, karena telah berkenan memberikan bantuan berupa hewan kurban kepada Pemerintah dan masyarakat di kabupaten setempat.

Dia pun menegaskan bahwa Pemkab Barut langsung membagikan bantuan hewan kurban dari Gubernur Kalteng ini ke masing-masing kecamatan di wilayah.

Baca juga: Pemprov pastikan kebutuhan hewan kurban di Kalteng terpenuhi

"Kami berharap dengan adanya bantuan hewan kurban ini, dapat menjadi manfaat bagi masyarakat Barito Utara," demikian Nadalsyah.

Sebagaimana diketahui, bantuan hewan kurban ini sebagai bentuk kepedulian Pemprov. Kalteng, kepada masyarakat khususnya umat islam yang akan merayakan Hari Raya Iduladha 1443 Hijriyah. Pada tahun ini, Pemprov. Kalteng menyalurkan bantuan hewan kurban sebanyak 419 ekor sapi yang didistribusikan kepada 14 Kabupaten dan kota se-Kalteng.

Penyerahan hewan kurban dihadiri oleh Wakil Bupati Barito Panala Putra, Forkopimda Barito Utara,  Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara Muhlis, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Setda Barito Utara serta Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Barito Utara.

Baca juga: Sapi kurban Presiden RI untuk Kalteng beratnya capai 1.000 kilogram

Baca juga: DPRD Kalteng pantau dan awasi penyaluran hewan kurban dari pemprov

Baca juga: Pemkab Pulang Pisau salurkan hewan kurban bantuan Pemprov Kalteng