Dukung Indonesia maju, Teras dorong GKE revitalisasi pelayanan pendidikan

id Teras dorong GKE revitalisasi pelayanan pendidikan, Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang, Teras Narang, DPD RI, Kalteng

Dukung Indonesia maju, Teras dorong GKE revitalisasi pelayanan pendidikan

Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang saat jadi pembicara di webinar bertema Revitalisasi Pelayanan Bidang Pendidikan dan Kesehatan GKE, Palangka Raya, Rabu (20/7/2022). ANTARA/HO-Tim Teras Narang.

Palangka Raya (ANTARA) - Senator asal Kalimantan Tengah Agustin Teras Narang menyatakan bahwa sudah saatnya Gereja Kalimantan Evangelis (GKE) menyadari, memahami dan melakukan penyadartahuan pada Majelis Sinode, Majelis Resort, Majelis Jemaat dan jemaat, akan pentingnya pendidikan dan kesehatan.

"Jangan hanya terlalu fokus pada pelayanan gereja, tapi arus juga dalam terciptanya kesejahteraan keluarga jemaat GKE di manapun berada," kata Teras Narang saat webinar bertema Revitalisasi Pelayanan Bidang Pendidikan dan Kesehatan GKE, Palangka Raya, Rabu.

Menurut mantan Gubernur Kalteng periode 2005-2015 itu, penguasaan akan dunia pendidikan dan kesehatan yang berkualitas, harus lebih ditingkatkan lewat program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), baik pendeta maupun non pendeta.

Dia mengatakan GKE sudah saatnya membentuk departemen pendidikan dan kesehatan sebagai bagian dari program Majelis Sinode GKE Kali ini. Departemen itu secara khusus bertugas menata ulang pelayanan GKE yang sekarang ini lebih banyak secara kuantitas, menjadi berkualitas dan dampaknya meluas.

"Suka tidak suka, GKE sekarang ini dituntut melakukan lompatan dan business as not usual, serta melakukan extra ordinary effort. Hal itu juga salah satu bentuk dukungan GKE terhadap Indonesia Maju," pesan Teras Narang.

Baca juga: Teras Narang: Tantangan krisis pangan dan energi semakin nyata

Anggota DPD RI ini pun menyarankan kepada GKE, agar masalah pendidikan dan kesehatan mesti digarap oleh departemen yang ada lewat program jangka pendek, menengah dan panjang dengan indikator keberhasilan secara terukur. Departemen itu pun harus diawaki oleh person atau orang yang peduli dan profesional dalam bidang pendidikan maupun kesehatan.

Dia mengatakan, semangat pelayanan semua departemen di bawah majelis itu, perlu juga diteguhkan dalam kerja sama dan kolabora yang kuat. Ego sektoral yang membuat sinergi kendala harus benar-benar dihindari semaksimalnya.

"Saatnya GKE punya visi, misi dan program kerja di bidang pendidikan dan kesehatan, yang dengan sederhana. Saya mengusulkan GKE memiliki tagline 'GKE Cerdas, Sehat dan Sejahtera'," kata Teras Narang.

Baca juga: Cegah kesenjangan, Teras minta pembangunan di IKN tidak tergesa-gesa

Baca juga: Kendalikan harga pangan, pemda harus bangun citra dan rutin ke pasar