Tiga desa di Teweh Tengah usulkan pembuatan Jalan Usaha Tani

id reses dprd barut,kecamatan teweh tengah,dapil 1,empat desa,barito utara,kalteng,parmana setiawan

Tiga desa di Teweh Tengah usulkan pembuatan Jalan Usaha Tani

Wakil Ketua DPRD Barito Utara Parmana Setiawan foto bersama warga di Desa Sei Rahayu I, Kecamatan Teweh Tengah, Rabu (3/8/2022).ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, Parmana Setiawan  mengatakan bahwa sebanyak tiga desa di Kecamatan Teweh Tengah yang merupakan daerah pilihan (dapil) I mengharapkan dibangunkan jalan usaha tani (JUT).

"Ada tiga desa yakni Desa Rimba Sari, Sei Rahayu I dan Beringin Raya yang  memerlukan jalan usaha tani dalam kondisi baik, karena mayoritas warga setempat bertani. Sehingga ekonomi mereka sangat bergantung pada sektor pertanian ini," kata Parmana di Desa Sei Rahayu I, Rabu.

Harapan beserta usulan  tersebut disampaikan warga dari  sejumlah desa yang dikunjungi saat pihaknya menggelar reses pada empat desa di Kecamatan Teweh Tengah.

Menurut dia, secara rinci usulan dari masing masing warga seperti dari Desa Beringin Raya meminta untuk pembukaan atau pembersihan jalur desa sebanyak tujuh jalur, pupuk subsidi, obat-obatan, bibit jagung, padi, alat pertanian, pembersihan jalan poros, serta meminta mendirikan bangunan  PAUD Kelompok Bersama (KB) karena selama  dua sampai empat tahun ini masih menggunakan gedung pinjam pakai rumah kunjung. 

Baca juga: Legislator Barut minta kondisi kesehatan hewan kurban harus diperhatikan

Untuk Desa Rimba Sari meminta perbaikan jalan lintas, rehab rumah tidak layak huni untuk masyarakat miskin, tempat parkir di pasar, pembuatan pagar TK Mekar Sari beserta pembuatan paping, pupuk subsidi. Sementara di Desa Sei Rahayu I, mengusulkan perbaikan rumah ibadah balai Basarah, perbaikan jalan dan jembatan.

Selain tiga desa tersebut, satu desa lainnya yakni Desa Datai Nirui meminta yang diprioritaskan untuk perbaikan jalan dan jembatan yang mana jalan tersebut menghubungkan desa setempat menuju ke Muara Teweh ibu kota Kabupaten Barito Utara.

"Aspirasi warga yang disampaikan dalam usulan ketika pihaknya reses tersebut nanti akan disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara terutama melalui dinas terkait agar nantinya bisa diakomodir," kata politisi PKB ini.

Baca juga: Legislator Barut dukung tumpi jawau bisa dikenal keluar daerah

Baca juga: DPRD Barut RDP bersama BPJS Ketenagakerjaan

Baca juga: Fraksi DPRD Barito Utara sampaikan pemandangan umum raperda PBG

Pewarta :
Uploader : Admin 3
COPYRIGHT © ANTARA 2022