Legislator Barut minta kondisi kesehatan hewan kurban harus diperhatikan

id hewan kurban barut,idul adha,anggota dprd barut,mustafa joyo muchtar,barito utara,kalteng

Legislator Barut minta kondisi kesehatan hewan kurban harus diperhatikan

Anggota DPRD Barito Utara Mustafa Joyo Muchtar.ANTARA/HO

Muara Teweh (ANTARA) - Anggota DPRD Barito Utara, Kalimantan Tengah,  Mustafa Joyo Muchtar mengharapkan kepada panitia hewan kurban baik di mushola dan masjid untuk selalu memperhatikan kesehatan hewan kurban yang akan disembelih pada Hari Raya Idhul Adha 1443 Hijriah nanti.

"Kesehatan hewan kurban harus diperhatikan sebelum dikurbankan, dan harus bebas dari penyakit kuku dan mulut atau PMK yang saat ini menyerang hewan ternak seperti sapi," kata Mustafa  di Muara Teweh, Senin.

Menurut anggota DPRD dari Partai Gerindra Barito Utara tersebut saat perayaan hari raya kurban semua panitia mesjid maupun langgar akan disibukkan dengan pemotongan hewan jenis sapi dan kambing.

"Untuk itu saya berharap kepada instansi terkait untuk segera melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah hewan terutama sapi dan kambing yang banyak dibeli pada saat mendekati lebaran Idul Adha ini," jelas Mustafa.

Lebih lanjut, kata dia, semua berharap nantinya daging kurban yang akan dibagikan kepada sejumlah masyarakat harus benar-benar daging yang sehat dan baik serta layak untuk dikonsumsi,

“Semoga lebaran Idul Adha kita semua selalu diberikan kesehatan di mana setelah melewati masa hampir dua tahun lamanya kita tidak merayakan hari kebesaran umat Islam ini dikarenakan status pandemi COVID-19," harap dia.

Baca juga: Legislator Barut dukung tumpi jawau bisa dikenal keluar daerah

Ia juga meminta kepada para peternak maupun penjual hewan jenis sapi dan kambing agar juga kiranya selalu memperhatikan kondisi kandang terkait perawatannya, karena selain sapi yang sakit, kotorannya mengandung bakteri Ecolli dan Sanmonella yang dapat menyebabkan TBC dan malaria.

"Kita minta para peternak dapat memberikan penyemprotan rutin atau melakukan pembersihan terhadap kandang pada waktu tertentu," ujar Mustafa.

Baca juga: Bupati minta pemprov bantu selesaikan pembangunan RSUD Muara Teweh

Baca juga: Barito Utara pecahkan rekor dunia membuat tumpi jawau terbanyak

Baca juga: DPRD Barut RDP bersama BPJS Ketenagakerjaan