Gubernur lepas kontingen Gerakan Pramuka Kalteng ikuti Jamnas XI 2022

id Jamnas XI Gerakan Pramuka,Kalteng,Palangka Raya,Kwarda Kalteng,Sugianto Sabran,Sugianto Sabran lepas kontingen Gerakan Pramuka Kalteng ikuti Jamnas XI

Gubernur lepas kontingen Gerakan Pramuka Kalteng ikuti Jamnas XI 2022

Ketua Kwarda Provinsi Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran disaksikan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menyerahkan bendera sekaligus melepas kontingen daerah Gerakan Pramuka provinsi setempat mengikuti Jamnas XI di Cibubur, Jakarta Timur yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang komplek per kantoran gubernur setempat, Kota Palangka Raya, Rabu (10/8/2022). ANTARA/Dokumentasi Pribadi

Palangka Raya (ANTARA) - Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran resmi melepas kontingen daerah Gerakan Pramuka provinsi setempat, untuk mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) XI 2022 yang dilaksanakan di Aula Jayang Tingang, komplek perkantoran gubernur Kota Palangka Raya.

"Selamat kepada adik-adik serta kakak-kakak yang terpilih menjadi kontingen Jamnas pada tahun ini. Sebagai anak pramuka, jadi generasi yang disiplin sebagaimana yang telah tertuang dalam Dasa Darma Pramuka," kata Sugianto Sabran didampingi Ketua Kwarda Kalteng Yulistra Ivo Sugianto Sabran beserta Sekretarisnya Ahmad Husain, Rabu.

Dia menuturkan, Gerakan Pramuka merupakan salah satu wahana penting pembinaan generasi muda baik itu dalam membentuk watak, karakter dan kepribadian bagi generasi muda penerus bangsa yang siap bersaing dan teguh di masa mendatang.

Apalagi di era zaman digitalisasi, persaingan generasi muda dalam bidang apa saja harus ditingkatkan dan mengikuti apabila tidak mau ketinggalan di zaman yang sudah serba teknologi ini.

"Dengan adanya kegiatan kegiatan Jamnas Pramuka, diharapkan dapat mendidik adik-adik Penggalang menjadi Pramuka yang rajin, terampil dan gembira sesuai dengan nilai-nilai Trisatya dan Dasa Dharma Pramuka," ucapnya.

Orang nomor satu di lingkup Pemprov Kalteng tersebut berpesan, para peserta diminta agar selalu menjaga nama baik daerah. Jangan sampai dengan adanya kegiatan nasional ini, malah mencoreng nama baik daerah yang selama ini masyarakatnya dikenal baik dan ramah kepada setiap orang.

Baca juga: Kalteng antisipasi karhutla menjelang puncak kemarau

Kemudian, para peserta disarankan juga untuk selalu menjaga kesehatan dan ikutilah setiap kegiatan di arena Jamnas dengan penuh semangat, sehingga pengalaman yang telah didapatkan di sana nantinya dapat ditularkan ke junior-juniornya yang nantinya akan bergabung di organisasi tersebut.

"Tak lupa selain mengikuti kegiatan Jamnas, saya mengingatkan agar peserta tetap menjaga kesehatannya masing-masing karena berada di daerah orang. Apalagi ancaman virus COVID-19 masih mengancam kita," demikian Sugianto.

Sekedar diketahui, Jamnas XI ini dilaksanakan mulai tanggal 11-21 Agustus 2022 di Cibubur, Jakarta Timur. Kegiatan besar Pramuka tingkat Penggalang ini diikuti oleh anggota utusan dari seluruh Kwarda se-Indonesia.

Baca juga: Gubernur Kalteng berharap TNI bantu turunkan angka stunting

Baca juga: Gubernur Kalteng dianugerahi sebagai Tokoh Penggerak Koperasi Utama