Dinkes: 85.825 warga Palangka Raya telah divaksin dosis penguat

id Dinkes: 85.825 warga Palangka Raya telah divaksin dosis penguat, kalteng, palangka raya

Dinkes: 85.825 warga Palangka Raya telah divaksin dosis penguat

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Andjar Hari Purnomo. ANTARA/Rendhik Andika

Palangka Raya  (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah Andjar Hari Purnomo mengatakan 85.825 warga setempat telah disuntik vaksin COVID-19 dosis ketiga atau dosis penguat.

"Capaian vaksinasi COVID-19 di Kota Palangka Raya sampai kemarin pukul 22.00 WIB sebanyak 85.825 orang dari total target vaksinasi 233.417 orang," kata Andjar di Palangka Raya, Selasa.

Sementara untuk capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama tercatat 263.754 orang dan capaian vaksinasi dosis kedua di "Kota Cantik" mencapai 228.014 orang.

Target vaksinasi COVID-19 di wilayah Kota Palangka Raya sendiri terbagi menjadi lima kategori, yakni SDM kesehatan dengan target 3.512 sasaran, lansia 14.287 sasaran, pelayanan publik 21.920 sasaran, masyarakat umum 154.647 sasaran, dan remaja sebanyak 29.051 sasaran.

Sasaran vaksinasi di Palangka Raya juga diperluas terhadap anak usia 6-11 tahun. Pihaknya pun mengajak masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan, sehingga mencegah penyebaran virus corona.

Dalam rangka mempercepat capaian vaksinasi dosis ketiga atau booster, pihaknya terus berupaya meningkatkan kerja sama dengan lintas sektor.

Baca juga: Kemenkumham Kalteng gelar diseminasi layanan partai politik

Andjar juga mengimbau masyarakat yang memenuhi kriteria mendatangi fasilitas layanan kesehatan untuk mengikuti seluruh tahapan program vaksinasi, mulai dosis pertama, kedua hingga dosis ketiga.

"Agar memperoleh manfaat secara maksimal dalam mencegah infeksi virus Corona, mempertahankan tingkat kekebalan tubuh, memperkuat antibodi yang sudah terbangun dan memperpanjang masa perlindungan dari virus, seluruh tahapan vaksinasi COVID-19 harus diselesaikan," katanya.

Andjar mengatakan, jika merasa sehat masyarakat diminta segera memeriksakan diri ke dokter dan fokus pada penyembuhan guna menghindari potensi penyebaran virus corona.

Meski saat ini ada kelonggaran dalam beraktivitas, masyarakat juga diminta tetap menggunakan masker dan tidak berkerumun saat beraktivitas di luar ruangan yang melibatkan banyak orang.

"Vaksinasi merupakan upaya paling efektif untuk mencegah penyebaran COVID-19 atau minimal mengurangi risiko keparahan paparan virus corona. Untuk itu, warga yang telah masuk kriteria segera vaksinasi 'booster'," demikian Andjar.

Baca juga: Akademisi di Palangka Raya fasilitasi pengembangan 'website' panti asuhan

Baca juga: Basarnas Palangka Raya semakin gencar kenalkan SAR sejak dini

Baca juga: Palangka Raya tingkatkan pencatatan kependudukan melalui nikah massal