Legislator Barsel harapkan pemkab kembali anggarkan dana Bosda

id Dprd barito selatan minta bosda, penganggaran kembali bosda, bosda barito selatan, dana bantuan operasional sekolah daerah, bosda, dana bos, buntok, b

Legislator Barsel harapkan pemkab kembali anggarkan dana Bosda

Legislator Barito Selatan, Raden Sudarto. (ANTARA/Bayu Ilmiawan)

Buntok (ANTARA) -
Legislator Barito Selatan, Kalimantan Tengah, Raden Sudarto mengharapkan pemerintah kabupaten supaya menganggarkan kembali dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (Bosda) bagi sekolah yang ada di wilayah setempat.
 
"Hal tersebut berdasarkan aspirasi dari sejumlah sekolah pada saat Komisi III DPRD Barito Selatan melaksanakan kunjungan kerja beberapa waktu lalu di sejumlah desa," katanya di Buntok, Jumat.
 
Karena menurut dia, untuk dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang berasal dari pemerintah pusat, tidak cukup untuk operasional sekolah, apalagi bagi sekolah-sekolah yang berada di daerah terpencil.
 
"Dengan dana BOS yang ada itu tidak mampu untuk biaya operasional sekolah pada desa terpencil dalam setiap bulannya," jelas Raden Sudarto yang akrab dengan sapaan H. Alex itu.

Baca juga: Bapemperda DPRD Barsel bahas tiga raperda
 
Jadi, sejumlah sekolah mengharapkan kepada pemerintah kabupaten bisa kembali menganggarkan dana Bosda tersebut. Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Barito Selatan ini juga menyampaikan, secara pribadi, dirinya sangat sepakat kalau dana Bosda tersebut dianggarkan kembali.
 
"Kita sangat sepakat dan mendukung, karena pada waktu saya masih menjadi aparatur sipil negara (ASN), saya pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan Barito Selatan," ucapnya.
 
Menurut dia, dirinya sangat mengetahui secara persis bagaimana sulitnya sekolah-sekolah terutama yang berada di desa terpencil yang jaraknya sangat jauh dari ibu kota kabupaten.
 
"Apabila mereka datang untuk urusan sekolah ke Kota Buntok, otomatis kepala sekolah atau guru harus menginap, sedangkan biaya operasionalnya sangat terbatas," jelasnya.
 
Berdasarkan aspirasi sejumlah sekolah itu, Raden Sudarto mengharapkan kepada pemerintah kabupaten bisa menganggarkan kembali dana Bosda tersebut pada 2023 mendatang.

Baca juga: Dishub Barsel bersama pengusaha angkutan bahas subsidi tarif penumpang

Baca juga: PPNI Barsel tingkatkan kemampuan nakes dalam penatalaksanaan kegawatdaruratan

Baca juga: 73 peserta ikuti turnamen tenis lapangan Bupati Cup Barsel 2022